Bank BRI Support Coworkfest 2017

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Selama dua hari pada tanggal 25 hingga 26 November 2017di Taman Menteng, Jakarta diselenggarakan gelaran Coworkfest 2017.

Felencia Hutabarat, ketua panitia penyelenggara mengatakan festival ini bertujuan agar masyarakat awam mengetahui keberadaan coworking space, yang bukan sekedar tempat untuk bekerja namun ditekankan untuk berkolaborasi, berkoneksi antar berbagai komunitas.

“Coworking space ini memiliki peranan penting dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif di tanah air agar terhubung juga antara pemerintah dan perusahaan,” ujar Falencia kepada Kanalindonesia.com di Taman Menteng, Jakarta, Minggu (26/11/2017).

Menurutnya, dengan bergabungnya para penggiat coworking space dalam coworking Indonesia mereka memiliki wadah untuk menjalin kerja sama sehingga memiliki kekuatan kolektif dalam sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Ada 12 coworking space di Indonesia yaitu : Coworkinc, Ke: kini di Jakarta, Code Margonda Depok, Clapham Medan, EV Hive Tangerang, Kolaborato Bogor, Kumpul Denpasar, Ngalup Malang, Impala Space Semarang, C2O Surabaya, RKB Yogyakarta di Yogyakarta, CO & CO Bandung.

“Setiap coworking space akan menghadirkan diskusi dan memperkenalkan lokal hero di masing- masing kota,” katanya.

Sementara itu, Kaspar Situmorang , EVP Digital Center of Excellence Bank BRI, menjelaskan komunitas coworking space merupakan suatu trend baru di kalangan technopreneur atau pelaku usaha rintisan / start-up, dan generasi milenial.

Dengan menyediakan fasilitas untuk berkumpul, berkomunikasi, dan berbagi pengalaman, para komunitas dengan kompetensi yang dimiliki dapat berbagi ilmu sehingga terbentuk komunitas yang saling menguntungkan sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Visi inilah yang dilihat Bank BRI selaras dengan visi yang di miliki oleh BRI untuk mendorong industri kecil (UMKM) dan ekonomi kreatif Indonesia”, ujar Kaspar  Situmorang.

Bank BRI adalah sponsor utama kegiatan ini,  yang selalu fokus dalam pengembangan ekonomi kreatif dan ekosistem digital di Tanah Air. Dukungan nyata Bank BRI seperti akses permodalan, pengembangan, ijin usaha mikro kecil, link dan networking antar nasabah maupun masyarakat dengan Bank.

Acara berlanjut hingga malam hari, menghadirkan Ngatari, kepala wilayah Bank BRI Jakarta, Boni  seniman komik Indonesia serta Adi Wibowo penggiat komunitas penangan sampah.

Coworking Indonesia adalah komunitas untuk para pembangun dan penggerak komunitas yang bertujuan untuk membangun pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi diharapkan menjadi sumber keahlian dan sumber daya, pengalaman, alat atau program yang bisa diakses oleh pelaku coworking.

“Semoga Coworkingfest 2017 dapat terselenggara dengan sukses, lebih dikenal oleh masyarakat umum dan terus tumbuh setiap tahunnya di seluruh Indonesia,” imbuh Felencia Hutabarat. @Fatih