Tanggul Bantaran Sungai Longsor, Satu Rumah di Desa Kademangan Hampir Terperosok ke Sungai

kondisi tanggul di bantaran sungai pancir yang ada di Desa Kademangan Mojoagung Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Intensitas hujan yang cukup tinggi dan mengguyur Kabupaten Jombang, Jawa Timur sejak sore hingga menjelang pagi telah mengakibatkan, arus sungai menjadi deras, sehingga berakibat longsornya tanggul yang ada di bantaran sungai pancir, hal ini membuat salah satu rumah yang ada di pinggir bantaran sungai tersebut hampir terperosok masuk ke adalam sungai.

Rumah yang hampir terperosok masuk ke dalam sungai pancir tersebut, berada di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung. Peristiwa ini terjadi pada hari Senin malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

“Kejadiannya tadi malam, waktu itu hujan deras. Tiba-tiba plengsengan sungai ambrol hingga sepanjang 8 meter dan hampir juga melongsorkan salah satu rumah warga yang bertempat di sebelah bantaran sungai,” kata Khoirul salah satu perangkat desa setempat saat ditemui sejumlah wartawan, Selasa 28 November 2017.

Sementara pemilik rumah, Slamet Romadlon mengatakan bahwa saat kejadian tersebut ia bersama keluarganya sedang dalam keadaan tidur di dalam rumah. Tetangga yang mengetahui peristiwa tersebut segera berteriak memanggil pemilik rumah. Melihat kejadian tersebu, pihaknya dan keluarga segera keluar untuk menyelamatkan diri. “Waktu kejadian saya sedang tidur, dan terbangun saat dibangunkan oleh para tetangga,” ujarnya.

Masih menurut Slamet, pihaknya mengatakan bahwa dampak dari derasnya aliran sungai tersebut mengakibatkan sebagian lahan samping rumah miliknya ikut tergerus dan longsor sepanjang 15 meter dan lebarnya hingga mencapai 6 meter. “Ini ikut terkena longsor hingga 15 meter, dan sebagian ada yang retak,” ungkap Slamet.

Meski kondisi rumah yang sangat mengkhawatirkan, pihaknya tetap enggan untuk meninggalkan rumahnya dan mengungsi ketempat yang lebih aman. “Sementara tetap di sini, ya meski sidik khawatir, mas,” tegasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Hendro Wahyuadi selaku Kepala Desa Kademangan, mengatakan bahwa pihaknya sudah mengkomunikasikan ke pihak Kecamatan serta BPBD Kabupaten Jombang untuk penanganan. “Untuk sementara hari ini akan kita lakukan kerja bakti di wilayah sekitar longsor,” paparnya.

Saat disinggung terkait jembatan yang berada di lokasi tersebut, pihaknya menjelaskan bahwa jembatan masih dalam kondisi aman dan tidak mengkhawatirkan. “jembatan masih aman, tetapi untuk sementara waktu kendaraan roda empat tidak boleh melintas,” pungkasnya.(elo)