Korem 081/DSJ Akan Segera Bangun 440 Rumah Yang Rusak Akibat Bencana di Pacitan

Kolonel Inf.R.Sidharta Wisnu. Danrem 081/DSJ kunjungi bencana banjir Pacitan ( foto: Bc_kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama TNI Angkatan Darat wilayah Korem 081/ DSJ akan bangun rumah yang rusak akibat bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan.

Untuk pembangunan rumah akan dilihat dari kondisi rumah yang rusak total dan rusak ringan, saat ini TNI masih membantu membersihkan ratusan rumah warga yang rata dengan tanah.

” Saat ini kami TNI Angkatan Darat Korem 081/DSJ melakukan survey untuk pembangunan rumah yang rusak total akibat bencana dan ini adalah program dari Pemprov Jawa Timur. Program bantuan rumah ini sudah disepakati bersama antara Gubernur Soekarwo dengan Pemkab Pacitan dan masyarakat di saat kunjungannya kemarin di Kabupaten Pacitan,” jelas Danrem 081/DSJ Kolonel Inf. R Sidharta Wisnu, Rabu (06/12/2017).

lebih lanjut dikatakanya,” rumah yang sudah disepakati sejumlah 440 rumah yang rusak, dan itu ada beberapa kriteria kerusakan yakni rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan, jadi tidak semua dibangunkan rumah,” tegasnya.

Masih menurut Danrem, “untuk nilai bantuan pembangunan rumah korban bencana akan ditentukan dan dihitung sesuai tingkat kerusakan rumah dan semua pembiayaan ditanggung oleh Pemprov Jawa Timur yang sudah disepakati oleh Gubernur Soekarwo dengan Panglima Kodam Brawijaya untuk bekerja sama dalam pembangunan rumah, seperti  program RTLH,” ujarnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini adalah murni untuk masyarakat serta membangun Pacitan agar bisa pulih perekonomiannya. Danrem juga mengharapkan ,” untuk pembangunan rumah ini berukuran 6 X 8 atau tipe 48, jadi jangan terlalu berharap akan seperti rumah yang sebelumnya,” kata Danrem 081/DSJ.

Sementara, Murni (38) warga Dusun Krajan, Desa Ploso yang terdampak banjir rumahnya rata dengan tanah, menjelaskan, ” saya kira masih beberapa bulan kedepan bantuan pembangunan rumah ini, gak tahunya langsung ada pembangunan,” jelasnya.

Selain itu, Murni juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim dan TNI serta Pemkab Pacitan yang telah membangunkan rumah bagi warga yang sudah tidak mempunyai rumah karena tersapu oleh bencana banjir, ” saya mewakili warga lain sangat berterima kasih dibangunkan rumah meskipun ukurannya tidak seperti sebelumnya, yang penting keluarga bisa berteduh dan memulihkan perekonomian keluarga,” ucap Murni.(Bc)