Jelang Pilgub, Bupati Lamongan Fadeli Tekankan Sosialisasi

Bupati Fadeli dan Jajaran Rapat Koordinasi Gelar Persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jawa Timur di Pendopo Lokantra ( foto: fer_kanalindonesia.con)

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Bupati Fadeli memberi penegasan kepada jajaran dibawahnya agar serius persiapkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Terutama untuk terus melakukan sosialisasi sejak dini.

Dia mengingatkan perihal itu juga kepada para penyelenggara Pemilu saat Rapat Koordinasi Gelar Kesiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jawa Timur 2018 di Pendopo Lokatantra, Kamis (07/12/2017).

“Masyarakat harus tahu tahapan-tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada tahun 2018 mendatang, yang termasuk dalam 171 Pemilihan Gubernur/Bupati/Walikota serentak se-Indonesia. Jangan sampai ada yang tidak tahu, pada 27 Juni 2018 ada Pilgub Jawa Timur, “ kata Fadeli mewanti-wanti.

Dia menjelaskan bahwa beberapa tahapan sudah dilaksanakan. Yakni pelantikan 135 PPK dan 1.422 PPS oleh Komisi Pemilihan Umum Lamongan dan pembentukan 81 Panwascam oleh Panwaskab Lamongan.

Sementara untuk data pemilih, yang sudah didapat sampai dengan saat ini menurut Fadeli kurang lebih 1.050.000 Daftar Pemilih tetap (DPT).

“Saya yakin pada Pilgub 2018 nanti akan berjalan dengan lancar. Hal ini berkaca pada Pemilihan Bupati dan Wabup Lamongan pada tahun 2015 sebelumnya yang juga berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Menurut Fadeli, setelah Pilgub Jawa Timur, Lamongan masih akan ada gawe besar, yakni pemilihan Kades serentak se-Kabupaten Lamongan. Agenda ini rencananya akan dilaksanakan pada tahun yang sama (2018), kemudian menyusul Pilpres dan Pemilihan Legislatif pada tahun 2019.

Rapat koordinasi tersebut seperti diungkapkan Kepala Bagian Pemerintahan Dianto Hari Wibowo, juga untuk menciptakan suasana kondusif selama Pilgub Jatim pada 2018 mendatang.

“Agar tercipta suasana yang kondusif dan aman pada penyelenggara Pemilu mendatang, Kami mengumpulkan para Camat, Kapolsek, Danramil, Kades dan Lurah se-Kabupaten Lamongan, “ katanya menjelaskan. (Fer)