PW HISSNU Jatim, Bantu Pulihkan Mental Korban Banjir Pacitan

pengurus PW HISSNU Jawa Timur saat memberikan bantuan obat-obatan untuk korban banjir Pacitan

KANALINDONESIA.COM, PACITAN : Bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan, Jawa Timur, membuat masyarakat setempat merasakan pilu dan trauma yang mendalam. Banjir dan longsor yang terjadi di Pacitan diketahui menelan 25 korban jiwa. Bahkan kini sebagian masyarakat masih merasa trauma akibat hal tersebut.

Atas peristiwa tersebut sejumlah organisasi masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), saling bahu membahu untuk memberikan bantuan terhadap korban banjir dan longsor tersebut. Salah satunya yakni rombongan dari pengurus wilayah (PW) Himpunan Silahturahmi Santri Nusantara (HISSNU) Jawa Timur (Jatim), turut mengambil peranan, dalam melakukan pemulihan mental dan fisik korban pasca banjir dan longsor.

“ kami sengaja berusaha memberikan bantuan untuk pemulihan mental dan fisik pasca banjir agar masyarakat, khususnya korban banjir bisa menjalani kehidupan seperti sedia kala,” kata Faizuddin FM, selaku kordinator HISSNU Peduli, saat ditemui sejumlah wartawan, Kamis 7 Desember 2017.

Masih menurut Faiz, untuk pemulihan tersebut dibutuhkan, perhatian extra dari berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta. “ karena tidak sedikit dari mereka yang kehilangan apa saja yang pernah dimilikinya (red : korban banjir dan longsor),” ujarnya.

Saat disinggung bantuan apa saja yang diberikan oleh PW HISSNU Jatim untuk korban banjir dan longsor, serta bagaiamana cara pemulihan mental korban tersebut. Faizz yang juga menjabat sebagai wakil ketua PW HISSNU Jatim ini menuturkan, bahwa selain memberikan bantuan obat-obatan, makanan, pakaian, dan sarana mandi maupun ibadah, pihaknya juga memberikan fun edukation terhadap korban.

“  kita ajak korban banjir dan longsor khususnya anak-anak, kita ajak untuk bermain dan bernyanyi, untuk sedikit mengobati kesedihan yang mereka alami saat banjir dan longsor kemarin,” ungkapnya.

Lanjut Faiz, disinilah salah satu bentuk kepedulian PW HISSNU Jatim yang hadir di tengah korban banjir dan longsor Pacitan, untuk membantu para korban banjir.” Insyallah kami akan mendirikan posko bencana alam, di beberapa kabupaten yang rawan bencana,” pungkasnya.(elo)