Foto Model Dengan Kamera Hp Djadul

KANALINDONESIA.COM, GRESIK: Memotret gambar seorang model menjadi biasa apabila menggunakan kamera professional baik itu kamera DSLR maupun Kamera Prosumer. Namun di Gresik, sebuah komunitas hape jadul mengadakan acara hunting foto menggunakan kamera hape jadul dengan model gadis cantik berhijab.  
Bertempat di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Kabupaten Gresik, Komunitas Hp Jadoel Gresik Lamongan Surabaya (Gerilya) mengadakan kontes foto dan hunting bareng pengambilan gambar menggunakan kamera Handpone Jadul. Senin, (11/12/2017).
Terlihat beberapa peserta dengan serius memotret model cantik berhijab dari Hijabers Gresik dan juga objek motor antik yang sudah disiapkan panitia untuk dijadikan objek pengambilan gambar memakai kamera hape jadul. 
Memotret menggunakan kamera hape jadul tidak semudah yang dibayangkan, beberapa peserta harus  memastikan titik fokus objek yang terkadang bergerak, serta peserta harus melakukan penyesuaian cahaya pengambilan gambar agar hasilnya bisa maksimal.
“Beberapa peserta ada yang menggunakan jenis hp lawas yang tidak diproduksi lagi saat ini namun hasil kameranya sangat bagus dan teknologinya jarang ditemui pada kamera Hp android jaman sekarang,” kata M. Soepadi, fotografer yang juga penggagas acara ini.
M. Soepadi mengungkap bahwa ada sisi unik dari pengambilan gambar maupun hasil gambar melalui kamera hp jadul, diantaranya meskipun ada beberapa yang masih memiliki resolusi kecil, ada kemampuan lain seperti ditananamkannya Xenon Flash yang biasa kita jumpai pada kamera Profesional DSLR maupun kamera digital.
“Seperti kamera dari hp Sony Ericsson lawas tipe Cybershoot yang tidak di produksi lagi ini, ada kemampuan Xenon Flash seperti pada kamera DSLR maupun kamera digital, selain itu di beberapa hp jadul juga ada yang berkamera dengan lensa professional sehingga menghasilkan gambar yang jernih,” tambahnya.
Setelah melakukan pengambilan gambar melalui hp jadul,  para peserta langsung mentransfer hasilnya ke media social seperti Instagram, Facebook, dan berbagai social media lainnya setelah terlebih dahulu diberi sentuhan efek pewarnaan yang ada di social media tersebut.  
Menurut Rofi Rosidah, Miss Hijabers Gresik yang menjadi model pada acara ini mengatakan bahwa hape jadul tidak kalah dengan hape jaman sekarang.
“Ndak kalah sih hape jadul dengan hape jaman sekarang dengan keunikan hapenya dan kualitas hape jadul itu sendiri saat ini pun masih bisa dibandingkan dengan hape jaman now sekarang,” Kata Rofi Rosidah, Miss Hijabers Gresik.
Senada dengan Rofi Rosida, Hariati Khoiro, Miss Hijabers Gresik ini kagum dengan keunikan hape jadul lantaran bentuknya yang berbeda beda.
“Hape jadul itu sendiri ada keunikan bentuknya selain lucu dan beragam bentuknya tidak seperti jaman sekarang,” Kata Hariati Khoiro.
Arif Rahman, Ketua Komunitas Hape Jadoel Gerilya mengatakan bahwa ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas ini untuk menarik peminat maupun pemilik hape jadul agar tetap memakainya setiap hari.
“Agenda hunting foto bareng pakai hape jadul ini merupakan kegiatan tahunan kami sekaligus dalam rangka Anniversary yang ke 2 Komunitas Hape Jadul Gerilya” Pungkas Arif Rahman. (wan)