TIM Blasting Area Smeleter PT AMNT Masuki Tahapan Identifikasi

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Setelah dibentuk tim evaluasi sebelum dan sesudah blasting (peledakan) di lokasi pembagunan pemurnian biji emas dan tembaga (smelter) milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara, memasuki tahapan identifikasi bangunan yang ada di sekitar lokasi peledakan.

“Saat ini, tim blasting memasuki tahapan indentifikasi terhadap warga dan juga bangunan yang di sekitar lokasi peledakan,” ungkap ketua tim blasting Hendrajaya yang juga selaku sekertaris Camat Maluk.

Menurutnya untuk membagi tugas, pihaknya bersama tim yang sudah dibentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kecamatan tersebut dibagi menjadi beberapa devisi. Masing-masing divisi diangkat satu kordinator sebagai penanggung jawab. Seperti devisi kesehatan dikordinatori oleh Puskesmas Maluk, divisi Kamtibmas, devisi evakuasi, devisi infrastuktur dan juga devisi sosialisasi.

Indentifikasi yang dilakukan meliputi kondisi bangunan tempat tinggal. Untuk memastikan, apakah ada perubahan sebelum dan sesudah peledakan yang akan dilakukan.

Adapun radius identifikasi dalam bentuk bangunan berjarak 300 meter. “Kita pastikan identifikasi terhadap bagunan bisa segera selesai,” harapnya.

Selain identifikasi terhadap bangunan warga, pihaknya telah melakukan pengecekan kesehatan bagi warga setempat bekerja sama dengan Puskesmas Maluk.

Menurutnya 3 Rt yang paling dekat dengan lokasi tersebut terdiri dari Rt 08, Rt Desa Benete dan Rt 13 Desa Bukit Damai.

“Tiga RT ini merupakan yang paling dekat dengan lokasi peledakan,” jelasnya.

Saat ditanya terkait jumlah warga yang telah dilakukan pengecekan
kesehatan, pihaknya mengaku belum menerima secara langsung dari pihak Puskesmas. “Kita tunggu hasilnya nanti dari Puskesmas,” tutupnya. (lie/awi).