Ritual Bersih Desa Kelurahan Gladaksari Diawali Pengambilan 7 Sumber Mata Air Suci

KANALINDONESIA.COM, BOYOLALI: Ribuan masyarakat kelurahan Gladaksari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, tumpah ruah di sepanjang jalan Desa Tempel guna menghormati leluhur dan melakukan agenda rutin tahunan bersih desa, Minggu(24/12/2017).

Beragam karnival serta tari – tarian reog dan anguk ikut mengiringi puluhan ancak ( gunungan ) yang berisi hasil bumi yang dihasilkan dari setiap desa yang berada di wilayah Kelurahan Gladaksari.

BACA JUGA: Ratusan Bikers Ramaikan HUT ke 15 Hotel Harris Semarang

Tak henti-henti warga Kelurahan Gladaksari memberikan aplous dan tepuk tangan meriah pada saat perwakilan dari desanya melakukan aktraksi di depan kepala desa dan pejabat daerah yang menyaksikan berlangsungnya acara tersebut.

Kepala Desa Gladaksari, Kecamatan Ampel, Edi Suryanto mengatakan kegiatan tahunan Kelurahan Gladaksari ini sebagai bentuk nguri – nguri budaya yang begitu berarti bagi masyarakat desa dari turun temurun dan merupakan bentuk terimakasih kepada penciptanya, dengan adanya kegiatan bersih desa ini diharapan masyarakat Kelurahan Gladaksari dapat menjalin kebersamaan.

“Nguri – nguri kebudayaan yang sudah merupakan tradisi tahunan dan untuk menjalin kekompakan dan keberagaman masyarakat Kelurahan Gladaksari,”ucap Edi Suryanto.

Edi Suryanto menjelaskan bahwa dalam rangkaian acara bersih desa dengan diawali oleh pengambilan air suci Witosari dari 7 sumber mata air.Mata air ini diyakini mampu meningkatkan hasil pertanian di wilayah Kelurahan Gladaksari.

” Kegiatan religi pengambilan air suci Witosari dari 7 sumber mata air untuk meningkatkan hasil pertanian,”bebernya.

Sementara panitia bersih desa Kelurahan Gladaksari Joko Santoso mengatakan, kegiatan bersih desa kelurahan Gladaksari dimeriahkan oleh puluhan kesenian tradisional dan tari – tarian reog dan anguk serta puluhan gunungan hasil bumi Kelurahan Gladaksari.

“Puluhan peserta ini berasal dari para remaja hingga ibu-ibu PKK dan kelompok tani,”pungkasnya.( ywn)