Pilkada Jombang, Rekom PDI-P Masih Belum Jelas

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Isu beredarnya rekomendasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) Jombang tahun 2018, yang kabarnya jatuh pada salah satu anggota Polri aktif, kian hangat di bicarakan publik. Rumor turunnya rekom tersebut dikabarakna telah turun untuk salah satu nama yakni, Kombes Pol Syafi’in, yang berpasangan dengan Khoiru Anam.

Keduanya dikabarkan telah mendapatkam dukungan politik berupa rekomendasi dari partai berlambang banteng moncong putih, besutan Megawati Soekarno Putri. Namun hal itu justru di tepis mentah-mentah oleh pengurus PDI-P Jombang. “Sampai hari ini, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Jombang belum menerima fisik rekom,” kata Marsaid, saat dikonfirmasi, melalui sambungan telephone seluler.

Masih menurut Marsaid, secara resmi belum ada rekomendasi yang turun ke pihaknya untuk Pilbup Jombang. Dan untuk kewenangan DPC PDI-P Jombang hanya berwenang mengajukan nama-nama calon yang sudah mendaftar dan mengikuti test and properties di partainya.“Semua memang punya peluang, dan hari ini memang DPC belum menerima lembaran rekom dari DPP, kita tunggu aja,” tegasnya.

Ketika disinggung apakah rekom dari DPP PDI-P memang sudah benar-benar turun kepada Kombes (Pol) Syafiin-Khoirul Anam, pihaknya menegaskan sekali lagi secara gamblang bahwa untuk, rekomendasi partainya belum turun ke siapapun. “Untuk rekom, belum mengarah ke siapapun. Jadi, nama-nama itu belum ada yang, menjurus ke salah satu nama, apalagi secara fisik (red : rekomnya). ‘Wong’ mengarah aja belum,” pungkas Marsaid.

Bahkan kabar turunnya rekom tersebut mendapat tanggapan dari, salah satu kandidat Calon Bupati (Cabub) Jombang dari partai Golkar. “Saya merasa senang, bahwa ini kan tidak ada yang melarang, semua warga negara, semua partai kalau itu cukup, kalau tidak cukup mungkin bisa koalisi, itu bisa mencalonkan,”jawab Nyono Suharli, Cabup dari Partai Golkar saat di tanya wartawan tentang rumor turunnya rekom dari PDI-P ke Syafiin.

Bukan malah merasa kecewa lantaran pihaknya sudah melakukan MoU untuk pemenangan pihaknya di Pilbub 2018 nanti, yang tertuang kerjasama antara partai Golgar dan PDI-P, justru Nyono malah memberikan selamat kepada Kombes Syafiin atas rekom dari PDI-P kepada dirinya untuk Pilbup Jombang, jika memang benar adanya surat rekomendasi tersebut turun pada perwira Polri aktif tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada Gus Syaf (red : Kombes Syafiin) sudah mendapatkan rekomendasi dari PDI-P, kalau itu memang di rekomendasi oleh DPP PDI-P,” ungkap Nyono.

Dari data yang dihimpun redaksi, Kombes (Pol) Syafiin sebelumnya pernah mendaftarkan diri untuk mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018, dengan mendaftarkan dirinya ke sejumlah partai politik, termasuk salah satunya ke Partai Golkar.

“Sementara secara resmi saya mendaftar di tiga partai, yakni Demokrat, Golkar, dan PPP,”kata Syafiin kepada wartawan, Kamis (21/09) di Hotel Yusro.(elo)