Dinas Tenaga Kerja KSB Masih Ramai Didatangi Pelamar PT Mac Mahon

istimewa

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Rekrutmen tenaga kerja PT Mac Mahon, aliansi perusaan tambang emas dan tembaga PT Aman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat hari ini, Rabu (27/12/2017) sudah mencapai angka 4.022 pelamar.

Angka tersebut diperkiran akan terus bertambah hingga penutupan penerimaan berkas lamaran pada 31 desember 2017 mendatang, pasalnya Dinas Tenaga Kerja Sumbawa Barat masih ramai didatangi para pelamar pekerjaan PT Mac Mahon itu.

“Jumlah pelamar masih akan bertambah, karena penutupan penerimaan berkas lamaran masih beberapa hari lagi,” ucap Taufik Hikmawan, Kabid Lattas Penta Disnakertrans dan sekaligus menjadi anggota tim 11 yang diketuai Bupati Sumbawa Barat, H. Musyafirin kepada kanalindonesia.com, Rabu (27/12/2017) saat ditemui di ruang kerjanya.

Rekrutmen tenaga kerja PT Mac Mahon tersebut memproses waiting list dengan mekanisme tersendiri  yang prosesnya tidak sama dengan pelamar umum.

Waiting list merupakan Pencaker yang lulus  tes PT. NNT yang merupakan perusahaan sebelumnya, tetapi tidak bekerja di perusahaan tersebut dan menjadi daftar tunggu yang jumlah sekitar 251-300 orang.

“Untuk sementara ini sudah 199 waiting list yang sudah diinterview dan sisa yang belum memasukkan lamarannya dihimbau supaya segera, karena masih bisa hingga tanggal 31 Desember 2017, kalau untuk pelamar selain dari waiting list tim 11 akan menutup penerimaan berkas tanggal 30 Desember 2017 ini karena melalui PT. Pos pada hari Sabtu masih buka hingga siang hari,” ungkapnya.

Lebih lanjut Taufik Hikmawan menjelaskan, sistem perekrutan ini dilakukan secara tansparan dan terbuka, ia juga menjelaskan ada 4 tahapan yang akan dilakukan selama perekrutan itu dan untuk waiting list diproritaskan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Pelamar terbagi menjadi dua bagian, waiting list dan pelamar umum yang akan menempati posisi kerja skil dan nonskil.

Tahapan pertama administrasi yang meliputi semua pelamar. Setelah lulus administrasi pelamar akan di tes tulis atau psikotes dan tes tersebut hanya akan diberlakukan untuk pelamar non skil dari pelamar umum saja, sedangkan untuk yang skil akan diinterview bahkan bila diperlukan akan dilakukan tes praktek langsung dilapangan.

“Itu dilakukan agar pelamar umum yang non skil dapat ditempatkan sesuai dengan potensi yang ada pada diri yang bersangkutan,” cetusnya.

“Tahapan selanjutnya interview dan itu untuk semua pelamar yang lulus di tahapan sebelumnya. Dan yang terakhir Medikal Cek Up, setelah itu bekerja tanda tangan kontrak dengan pihak perusahaan,” jelasnya.(awi)