Ini Yang Dilakukan Dukcapil KSB Dalam Pelayanan Perekaman e-KTP

foto istimewa

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT :Beberapa inovasi pelayanan telah di lakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat, untuk lebih memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen administrasi Kependudukan e-KTP.

Belum lama ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjemput bola dengan melakukan perekaman e-KTP di seluruh desa yang ada di Kabupaten sumbawa barat.

“Untuk perekaman e-KTP yang sudah di laksanakan di setiap desa datanya sudah rampung dan akan segera kita cetak, agak telat memang di karenakan harus menunggu data perekaman yang sudah di kirim ke pusat untuk di uproval. karna satu NIK satu KTP itu yang membuat kenapa agak telat karna kita menunggu data itu. untuk kemudian kita cetak. blangko kita ada aman-aman saja.” papar Ibrahim Kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil kabupaten sumbawa barat saat di wawancarai reporter kanalindonesia.com di ruangannya Rabu (27/12/2017 ).

“Dalam waktu dekat ini sudah bisa di cetak dan di serahkan ke masing masing desa. untuk warga yang sudah melakukan perekaman dan membutuhlan NIK karna belum menerima e-KTP untuk pengurusan dokumen dinas memberikan surat keterangan Pengganti e-KTP sementara.” tambahnya.

Selain itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga telah membuat jadwal perekaman e-KTP keliling yang nantinya akan menyasar ke sekolah sekolah SMP dan SMA dan kembali Kedesa yang ada sumbawa barat. karna bagi remaja yang berusia genap 17 tahun pada tanggal 17 april 2019 nanti sudah bisa melakukan perekaman e-KTP.

“Pelajar yang saat ini usianya 15 tahun sudah bisa melakukan perekaman data e-KTP namun pencetakannya nanti di tahun 2019, ini untuk menghindari komplien dari masyarakat terkait dengan e-KTP dan tak ada alasan lagi masyarakat sumbawa barat tidak memiliki e-KTP.” ungkap Ibrahim.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten sumbawa barat juga telah membuat surat permakluman tentang perekaman e-KTP. betapa pentingnya memiliki e-KTP bagi penduduk sumbawa barat. pasalnya semua pelayanan publik akan berbasis nomor induk kependudukan (NIK ).

” Dalam pengurusan dokumen dokumen akan membutuhkan no NIK cotohnya saat ini mendaftarkan kartu prabayar saja harus menggunakan no NIK apalagi mengurus surat ijin mengemudi (SIM) paspor, buku tabungan BPJS, dan lain lainnya harus dan wajib memiliki NIK e-KTP.” tutupnya.(awi).