Tingkatkan Jiwa Wirausaha Kaum Muda, Karang Taruna Kabupaten Jombang Gelar Perahu e-Pro

pembukaan perahu e-Pro di Gor Merdeka Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Karang Taruna Kabupaten Jombang Jawa Timur, yang berkeinginan meningkatkan dan mendukung potensi pemuda dalam mengembangkan usaha ekonomi produktif, serta mensukseskan program pemerintah daerah menggelar Pameran Usaha Ekonomi Produktif (Perau E-Pro) yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Merdeka.

“sebenarnya acara ini kita lakukan untuk memotifasi teman-teman karang taruna di tingkat Desa, dan hampir tiap tahun kita adakan acara seperti ini, sehingga dengan pameran ini, teman-teman di tingkat Desa, maupun Kecamatan bisa termotivasi untuk berwirausaha, dengan produk-produknya,” kata Rochmad Abidin selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang, Rahmat Abidin, kepada sejmlah wartawan, Kamis 28 Desember 2017.

Masih menurut Rochmad, ada 48 stan yang dipamerkan dengan membawa produk unggulan masing-masing Karang Taruna Kecamatan, dan untuk peserta hampir seluruh Karang Taruna tingkat Kecamatan berpartisipasi di pameran ini. “ termasuk Kabupaten dan Propinsi ikut berpartisipasi disini mas,” ujarnya.

Disinggung soal anggaran Karang Taruna yang masuk di Alokasi Dana Desa (ADD), pihaknya berharap pada pemerintah daerah untuk bisa segera ditingkatkan.” Kita berusaha untuk melobi pemda, agar kemudian dinaikkan, karena kita butuh pemberdayaan Karang Taruna ditingkat Desa. Jadi tidak sekedar aktifitas formal tapi kita mengarahkan yang lebih produktif,” ujarnya.

Lanjut Rochmad, pihaknya berharap agar Karang Taruna yang merupakan wadah pemuda bisa memberikan sumbangsih ekonomi kreatif bagi pemerintah. “Beberapa waktu lalu sempat berdiskusi dengan Bappeda dan Bupati untuk agar bisa meningkatkan anggaran ditinggat Desa, agar pemberdayaan teman-teman pemuda itu bisa tercapai,” tuturnya.

Sementara itu, Subaidi Mukhtar selaku Wakil Ketua DPRD Jombang, menuturkan bahwa, pihaknya mengapresiasi atas sejumlah kegiatan yang dilakukan Karang Taruna di bawah kepemimpinan Rochmad Abidin sebagai Ketua, karena dalam dua tahun terakhir Karang Taruna bisa meningkatkan jiwa wirausaha di seluruh kecamatan.

“Dengan karang taruna ini, semoga kapasitas pemuda bisa membangun dari sektor perekonomian di Jombang dan kita juga harus bisa untuk mengembangkan potensi-potensi pemuda itu,” pungkasnya.(elo)