Perpanjangan SIM Menjadi Bahan Hoax di Kalangan Media Sosial

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan perpanjangan STNK serta SIM, akhirnya menjadi bahan hoax juga. penyebaran melalui unggahan facebook lebih sensitif dikepercayaan masyarakat. Bukan itu saja, ada pula pembebasan bea balik nama (BBN) kendaraan.

Dengan adanya informasi perpanjangan STNK maupun BBN dan perpanjangan SIM dari pesan berantai dari jejaring sosial, Satlantas Polres Pacitan memberikan klarifikasi bahwa berita mengenai pemutihan SIM adalah berita yang tidak benar atau HOAX.

Ditemui reporter kanalindonesia.cim, Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Hendrix K Wardhana, menjelaskan, ” bahwa informasi yang telah beredar luas di masyarakat tersebut sama sekali tidak benar,”ucapnya.

Kasat Lantas menambahkan bahwasannya kepada masyarakat dihimbau agar tidak mempercayai adanya pemutihan SIM lantaran adanya libur Natal dan Tahun Baru 2018.

“Sampai saat ini tidak ada peraturan atau keputusan tentang pemutihan SIM dalam pelayanan publik Polri”, tegas AKP Hendrix.

Masih menurut Kasat Lantas Polres Pacitan, memberikan informasi mengenai pengurusan SIM bagi masyarakat yang masa aktifnya habis pada saat libur Natal dan Tahun Baru bisa mengurus SIM setelah libur Natal dan Tahun Baru selesai atau tepatnya hingga tanggal 6 Januari 2018 nanti.

“Pelayanan SIM akan libur pada tanggal 24 sampai 26 Desember 2017, tanggal 31 Desemberi 2017 dan tanggal 1 Januari 2018, maka bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada saat itu masih bisa diperpanjang hingga tanggal 6 Januari 2018”,ujar Kasatlantas.

Lebih lanjut, Kasatlantas menegaskan, bahwa ketika masyarakat mengurus SIM tetap disertai pengisian formulir permohonan dan surat kesehatan sesuai mekanisme yang berlaku.

“ Tata cara kepengurusan SIM masih sesuai aturan yang berlaku. maka dari itu tidak ada istilah pemutihan seperti informasi yang banyak beredar saat ini ”tegas Kasat Lantas.

Kasat Lantas juga berpesan bahwa masyarakat tidak perlu cemas karena adanya hari libur tersebut, karena Polres Pacitan siap meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik setelah libur perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Polres Pacitan siap memberikan pelayanan dan keamanan yang terbaik kepada masyarakat”, pungkas Kasat Lantas.(Bc)