Selain Tes Psikologi, Tiga Paslon Pilbup Jombang Jalani Tes Narkoba oleh BNN Jatim

salah satu paslon pilbub Jombang saat menjalani tes di RSAL Surabaya

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Tiga pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Jombang, hingga kini masih menjalani rangkaian tes di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramlan Surabaya, Jawa Timur.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu syarat wajib untuk maju pemilihan bupati (Pilbub) yang dilakukan secara serentak tersebut. Tidak hanya menjalani tes psikologi, bahkan ketiga pasangan calon (Paslon), juga harus menjalani tes bebas Narkoba, yang memakan waktu 8 jam.

“Saat ini masih belum selesai, meski tes dimulai pukul 07.00 WIB. Insyaalloh semua akan selesai pukul 16.00 WIB sore nanti, karena ada istirahat Sholat Jumat,” kata Ahmad Fatoni salah satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, Jumat, 12 Januari 2018.

Masih menurut Fatoni, seluruh rangkaian tes, telah diikuti oleh ke tiga paslon yang sudah mendaftar ke KPU, yakni, Nyono Suharli –Subaidi Mukhtar, Mundjidah Wahab – Sumrambah, serta Syafiin – Choirul Anam.

“Setelah tes bebas narkoba yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Timur, kini dilanjut tes psikologi. Sabtu (13/1) besok, baru tes kesehatan lengkap, seperti layaknya general chek up,” tukasnya.

Dari data yang dihimpun redaksi, rangkaian tahapan tes kesehatan tersebut, merupakan salah satu syarat wajib bagi setiap paslon yang akan maju bertarung pada pilbub 2018. Dalam tes ini,  Kabupaten Jombang masuk pada kelompok B, berbarengan dengan Kabupaten  Nganjuk, Tulungagung, Bangkalan, Sampang dan Pamekasan.(elo)