Jalan Raya Ponorogo-Pacitan Tertutup Longsor, Lalulintas Dialihkan Ke Jalur Lama

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Jalur Pacitan Ponorogo putus total akibat tertimbun material longsor tepatnya di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jatim , Sabtu (13/01/2018)  sekitar Pukul 21.15 WIB,.

“Sekitar pukul. 18.35 WIB terjadi turun hujan deras dengan intensitas tinggi di Wilayah Kecamatan Tegalombo dengan waktu 2 jam, lantas sekira pukul. 21.45 WIB, tebing di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, KecamatanTegalombo terjadi lonsor dengan kelebaran 20 meter dan panjang 20 meter longsor menutup akses jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Ponorogo dan Kabipaten Pacitan,” kata Ratna Budiono, Kasi Satuan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Pacitan.

Ditambahkannya,” dalam kejadian longsor ini tidak ada korban jiwa, hanya saja  material tanah longsoran menutupi seluruh badan jalan yang menghubungkan antar kota tersebut. Tertutup total dan tidak bisa dilewati baik kendaraan roda 2 maupun 4,” tambah Ratna Budiono.

Untuk sementara akses jalan Pacitan menuju Ponorogo dialihkan melalui Jembatan Belly. Dengan menggunakan akses jembatan Belly, maka untuk kendaraan roda 6 maupun Bus besar tidak diperbolehkan lewat (penumpang harus dilangsir).

“Jajaran Koramil Tegalombo, anggota Polsek Tegalombo dan anggota Satpol PP Pacitan langsung mendatangi lokasi kejadian dan melaksanakan koordinasi dengan pihak yang terkait,” ucapnya.

“Saat ini mengalihkan arus lalu lintas ke  akses jembatan belly ( jalur lama ) yang berada tepat dibawah longsoran dengan sistem buka tutup, namun untuk kendaraan roda 6 maupun muatan di atas 10 ton tidak bisa melintas. Sedangkan sampai saat ini, di Wilayah Kecamatan Tegalombo masih terjadi turun hujan dan kejadian tersebut belum ada penanganan dari pihak terkait,” pungkas Ratna Budiono. (Bc)