Gunung Mantun Dulu Angker Kini Menjadi Tempat Wisata

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Pada momen liburan akhir pekan ini dan hari hari biasa , wisatawan yang berkunjung ke bukit mantun yang ada di desa mantun Kecamatan Maluk kabupaten Sumbawa Barat meningkat jika dibandingkan dengan libur akhir pekan sebelumnya.

Destinasi wisata selain pantai Gunung mantun yang di bangun secara swadaya oleh pemuda desa mantun itu menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat pemandangan kecamatan maluk dari ketinggian dan yang ingin berolah raga mengeluarkan keringan dengan mendaki puluhan anak tangga yang ada.

Herman salah satu penngelola yang mengais rupiah di tempat wisata tersebut mengungkapkan ramainya pengunjung setiap sorenya, ia mampu mengumpulkan rupiah Rp.300.000 hingga Rp.500.000 dengan hanya berjualan air mineral dan kopi di atas destinasi wisata gunung mantun.

” Kalau ramai bisa sampai Rp.500.000 itu biasanya hari libur, kalau hari-hari biasa sambil terus kita perbaiki tempat wisata ini sambil saya berjualan biasanya Rp.300.000.” ucapnya saat di wawancarai media ini Kamis 18/01/2018 kemarin.

Kini Desa Mantun memiliki destinasi wisata baru selain Paralayang yang bisa dinikmati oleh masyarakat setempat dan wisatawan yang datang.

“Saya sangat senang berkunjung ke bukit mantun ini semoga kedepannya ada perhatian dari pemerintah setempat agar tempat wisatanya lebih bagus dan lebih rame di kunjungi wisatawan dan kedepannya menjadi lokasi pilihan liburan keluarga masyarakat setempat. satu lagi gunung mantun yang dulunya di takuti konon katanya angker karna adanya pemakaman umun di bawahnya kini menjadi tempat wisata yang ramai di kunjungi warga ini hebat ini.” ujar salah satu pengunjung bikit mantun.

Sementara itu Roni Monir Inisiator dari kegiatan para pemuda Desa Mantun mengatakan.”Ini menyemangati kami untuk terus membenahi destinasi dan meningkatkan kualitas lokasi wisata bukit mantun yang kami bangun secara swadaya ini. Selain itu, agenda wisata bukit mantun dan paralayang ini akan terus kami tingkatkan ,” kata Roni Munir

Beberapa hari yang lalu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten sumbawa barat di rencanakan akan mengunjungi destinasi wisata bukit mantun beserta rombongan namun karna padatnya jadwal pertemuan hingga ahirnya di tunda.(Awi)