Tanamkan Rasa Cinta Al-Qur’an Sejak Dini , Madarasah Ar-Risalah Adakan Tahfidz Al-Qur’an

KANALINDONESIA.COM, SUMENEP: Kegiatan tahfiz Alquran kini mulai marak di sejumlah sekolah di indonesia. Kegiatan tahfiz Alquran tidak hanya membuat pendidikan Islam semakin berkualitas, tapi juga berpotensi membantu pemerintah mengarahkan warga untuk membantu dan mendorong pelaksanaan pembangunan yang lebih baik, salah satunya di Madrasah  Ibtidaiyah (MI) Ar-Risalah yang terletak di Desa Bataal-Barat, Ganding , Sumenep, Madura jawa timur, yang setiap pagi para muridnya diharuskan menghafal juz ‘amma dan dari masing-masing kelas beda surat yang harus dihafalkan.

Baharuddin selaku kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar-Risalah mengatakan program ini merupakan program unggulan, Dengan adnya kegiatan ini siswa siswi Ar-Risalah diharapkan mampu mengamalkan Al-Quran dimulai dengan proses membaca dan menghafal.

Kegiatan ini berlangsung setiap pagi kecuali Senin dan Kamis, karena hari Senin diisi kegiatan upacara sedangkan Kamis ada kegiatan senam bersama dan bagi murid yang berhasil menghafal akan diberikan tropi dan penghargaan dari lembaga diakhir tahun.

“Ini merupakan program unggulan kami, dan kegiatan ini kami adakan untuk  membuat pendidikan islam semakin berkualitas dan sekaligus menanamkan rasa cinta anak didik terhadap Al-Qur’an khusunya di Ar-Rissalah,” ungkapnya, Senin (29/01/2018).

Sebagai tindak lanjut dari ngaji juzz ‘amma yang kemudian dikemas sebagai hafalan wajib yang mana setiap kelas beda jumlah sutat yang harus dihafalkan, kemudian dilanjutkan dengan hari tahfidz yang mana dilaksanakan setiap satu bulan sekali agar murid lebih mudah menghafal juz 30 melalui kegiatan tersebut.

“Tiap bulan ada kegiatan tahfidz full, Insyaallah hari tahfidz ini akan di laksanak besok” pungkasnya.(ziad)