SMP Negeri 4 Cepiring Galakan Sekolah Hijau dan Bersih

kepala sekolah SMPN 4 Cepiring bersama komite(foto:Eko_kanalindonesia.com )

KANALINDONESIA.COM, KENDAL : SMP Negeri 4  Cepiring terapkan gerakan sekolah Bersih  Polusi Udara dan Bersih Lingkungan. Gerakan tersebut dilakukan sebagai rujukan  Sekolah Adiwiyata, agar sekolah tampak bersih  tertata  dan  tidak ada  sampah yang dibuang  di sembarang tempat.

Pada hari Jumat khususnya para guru dan murid tidak diperbilehkan menggunakan sepeda motor ke sekolah. Karena dalam radius seratus meter di lingkungan sekolah  harus bebas pulusi udara dan  bebas sampah bekas bungkus makanan.

Kepala sekolah SMP Negeri 4 Cepiring, Yusuf Jupri mengatakan, sebagai Sekolah  Adiwiyata, dirinya membuat kesepakatan kepada guru, orangtua murid dan Komite Sekolah, bahwa dilingkungan sekolah harus tampak hijau dengan pohon-pohonan dan bebas dari sampah.

Dengan tujuannya agar lingkungan menjadi nyaman, sehingga guru dan siswa akan betah, karena lingkungannya sangat bersih dan segar.

“Demi tercapainya itu kantin sekolah tidak boleh menyediakan jajanan yang menggunakan bungkus plastik. Tujuannya agar tidak menimbulkan banyak sampah,”katanya.

Ali Wakid salah satu guru mengatakan, setiap hari jarak tempuh dari tempat tinggalnya menuju sekolah sekitar 25 menit.

“Saya mendukung program tersebut walaupun ke kesekolah naik sepeda kayuh,”tuturnya.

Demikian pula para siswa, juga mendukung program yang diterapkan sekolah. Salah satu siswa, Nadia Astuti mengatakan, dengan program tersebut menjadikan sekolah bersih dan sehat.

Dengan adanya Sekolah Adiwiyata, maka lingkungan sekolah selalu bersih dan udara  menjadi sejuk.

“Kalau lingkungan sekolah bersih, maka merasa  nyaman  dalam belajar,”katanya.

Komite Sekolah dan wali murid ternyata menyambut baik program yang digalakan di SMPN 4 Cepiring. Sebagai bukti, para orang tua murid dan Komite Sekolah ikut memberikan tanaman untuk ditanam di lingkungan sekolah agar kelihatan  hijau dan sejuk. (eko)