PT.Astra Daihatsu Rekruitmen Tenaga Kerja Handal

KANALINDONESIA.COM, KENDAL: SMK 2 Kendal gelar tes rekruitmen tenaga kerja yang akan ditempatkan di PT.Astra Daihatsu tangerang, kemarin (4/2).

Ratusan peserta yang mengikuti tes tertulis tenaga kerja di SMK 2 Kendal, Rekruitmen tenaga kerja tersebut diselenggarakan oleh PT.Astra Daihatsu Motor yang bekerjasama dengan SMK 2 Kendal.

Peserta tersebut merupakan siswa-siswi dan alumni dari berbagai SMK di Kabupaten Kendal, Batang, Pekalongan, dan Pemalang.

Sekretaris panitia, Aji Rizki Amalia, mengatakan, jumlah pendaftar sebanyak 550 peserta. Namun, mereka menjalani tes fisik dan buta warna pada Rabu (31/1) dan tereliminasi sebanyak 190 peserta, sehingga yang lolos ke tes tertulis sebanyak 360 peserta. Pada pelaksanaan tes tertulis, yang hadir hanya 340 peserta.

‘’peserta yang tidak hadir sebanyak 20 orang. Kami tidak tahu penyebabnya kenapa peserta tidak hadir pada tes tertulis tersebut,’’ ungkap Aji Riski.

Pihaknya mengatakan, saat rekruitmen tersebut dia tidak tahu berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Astra Daihatsu Motor. Sekolah hanya sebagai tempat penyelenggaraan dan pelaksanaan tes dilakukan oleh pihak ketiga yang telah ditunjuk perusahaan.

‘’kami tidak mengetahui jumlah berapanya yang dibutuhkan, karena pihak perusahaan yang lebih mengetahui berapa tenaga yang dibutuhkan dan kami hanya memfasilitasi tempat pelaksanaan tes saja,’’ katanya.

Terpisah, Waka Humas SMK 2 Kendal, Setyo Raharjo, menuturkan, pihaknya sangat rutin setiap tahunnya menyelenggarakan perekrutan tenaga kerja dan pihaknya juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan.

“Kegiatan itu sudah berlangsung sejak tahun 1998, bahkan dalam satu tahun pelajaran bisa 10 hingga 12 kali pelaksanaan perekrutan tenaga kerja,’’ tutur Setyo. (eko)