Kembali Longsor di Tegalombo, Jalur Pacitan-Ponorogo Tertutup Total

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Tanah longsor menimpa jalan raya Pacitan-Ponorogo, tepatnya masuk Dusun Dondong  RT 05/ RW 07 Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Jatim, Rabu(14/03/2018) sekira pukul 04.30 WIB.

Material longsor dari tebing setinggi 30 meter dan lebar 20 meter menutup dan mengakibatkan jalan penghubung antara Kabupaten Pacitan dengan Kabupaten Ponorogo tertutup total sehingga jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kejadian bermula karena hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan sejak Selasa (13/02/2018) pukul 17.00 WIB.

Saat sekitar pukul 04.30 WIB, tebing setinggi 30 meter dan lebar 20 meter mengalami longsor yang mengakibatkan jalan penghubung antara Kabupaten Pacitan dengan Kabupaten Ponorogo tertutup material longsoran.

Akibat tertutupnya jalan raya tersebut, arus lalu llintas dialihkan melalui jembatan bailey  yaitu jalur lama yang berada tepat di bawah longsoran dengan sistem buka tutup, namun untuk kendaraan roda 6 maupun muatan diatas 10 ton ke atas tidak bisa melintas.

Sampai saat ini belum ada tindakan dari petugas Dinas PU untuk membuka jalan karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan yang membahayakan personel/petugas maupun alat berat.(KI-01)