Polisi Sayang Anak Bagikan Helm Gratis

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Berbagai program serta gebrakan baru yang di lakukan Satlantas Polres Trenggalek guna menekan angka laka lantas. Pada momen valentine day`s ini, melibatkan seluruh personel menggelar kegiatan bertemakan ‘ Polisi Sayang Anak’ dengan membagikan helm gratis dan memberikan doorprize bagi pengendara yang mentaati tertib berlalulintas, Rabu (14/2).

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma mengatakan, kesadaran masyarakat dalam mentaati peraturan Lalulintas saat ini masih minim. Untuk di Kabupaten Trenggalek sendiri angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan anak masih cukup tinggi.

“ Faktor utama penyebab kecelakaan adalah minimnya kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas. Terbukti kita masih sering temukan orang tua yang membonceng anaknya tidak menggunakan helm dan ini sangat riskan jika terjadi kecelakaan,’’ucapnya.

Dijelaskan, Polisi Sayang Anak tersebut digelar di 5 titik strategis yakni di Jl Sukarno Hatta, Panglima Sudirman, HOS Cokroaminoto, RA Kartini dan Jalan Ki Mangun Sarkoro semua masih lingkup kota Trenggalek.

“ Sengaja kami memilih rute ini, karena paling banyak dilewati pelajar ataupun orang tua yang mengantarkan anak mereka ke sekolah. Tujuan program Polisi Sayang Anak ini adalah mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas pada anak-anak,’’ ungkapnya.

Pada kesempatan itu petugas, selain menyapa ramah terhadap para pengendara, juga tak henti-hentinya mengingatkan tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan memberikan pengertian bagi orang tua yang membonceng betapa pentingnya helm untuk keselamatan anak-anak.

“ Momen ini tidak sekedar mengingatkan, petugas juga membagikan helm gratis standar SNI dan khusus diberikan kepada anak. Seraya berjanji agar helm tersebut harus dipakai tatkala akan berkendara motor,’’tandasnya.

AKP Ricky menambahkan, bagi mereka (pengendara) yang benar-benar tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, termasuk kendaraanya sesuai spektek akan di berikan apresiasi.

“Bagi masyarakat yang disiplin, tertib berlalulintas dan orang tua yang membonceng anaknya lengkap menggunakan helm, kami berikan hadiah langsung berupa uang tunai dan bingkisan. Upaya ini kami lakukan untuk menekan angka Lakalantas khususnya yang melibatkan anak-anak sebagai korban,’’pungkasnya. (suparni)