Siswa SMK Di Lamongan Ciptakan Aplikasi Game Matematika Untuk Pembelajaran

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Lamongan yang berhasil menciptakan aplikasi game matematika. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Tiga siswa SMK di Kabupaten Lamongan berhasil menciptakan sebuah aplikasi berbasis android yakni Game Si Mamat. Game ini sengaja diciptakan sebagai sarana pembelajaran Mata Pelajaran Matematika secara Sederhana. Rencananya game aplikasi ini akan dimasukkan dalam aplikasi Play Store Android supaya pengguna handphone pintar bisa menikmatinya.

Edina Riski Fitriani, Tomy Irawan dan Cindy Rahmawati adalah tiga pelajat berprestasi dari SMK Muhammadiyah 1 Lamongan. Ketiganya berhasil menyabet juara 1 dalam lomba media pembelajaran tingkat SMA/SMK sederajat se Jawa Timur di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Ketiganya juara karena karya ciptanya, yakni aplikasi game pembelajaran Matematika secara sederhana terpilih sebagai karya terbaik dengan menyingkirkan 59 peserta lainnya dari sejumlah kota di Jawa Timur.

Yang menarik dalam game aplikasi si Mamat adalah pengguna diajak berpikir tetapi terhibur dan merasa tertantang karena soal dalam game si Mamat sangat mudah untuk dijawab, hanya saja dibutuhkan kecepatan menjawabnya sehingga harus dibutuhkan waktu lima detik untuk menjawab satu soal. Jika salah menjawab maka game harus dimulai dari awal begitu seterusnya sehingga pengguna game sangat tertantang.

Menurut Edina Risky Fitriani Ide awal menciptakan aplikasi ini adalah menciptakan aplikasi ini adalah melihat banyaknya pengguna android yang memainkan game tetapi tidak bernilai positif. Untuk itu tercetus ide menciptakan aplikasi game yang menghibur sekaligus bisa dijadikan sebagai media pembelajaran terutama pelajaran matematika yang sering ditakuti oleh para siswa.

Dengan diciptakannya aplikasi ini diharapkan masyarakat luar bisa menikmatinya karena sebentar lagi aplikasi ini akan diunggah di Play Store sehingga siapa saja dapat mendownloadnya.

Sementara itu Kepala SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, Mochammad Maghfur mengatakan game aplikasi game si Mamat sangat cocok untuk pembelajaran usia sekolah dasar, menengah, maupun lanjutan. Namun, yang membedakan adalah waktu dalam menjawab soal dalam game si Mamat ini meski game sederhana akan tetapi sangat membantu pengguna game untuk berlatih berpikir cepat.(omdik/fer)