Ops Keselamatan Semeru 2018, Satlantas Polres Trenggalek Dapati Puluhan Pelanggar

KBO Satlantas Polres Trenggalek Iptu Suwanan saat memerikan sosialisasi keselamatan dengan awak dan kru pengemudi Bus maupun MPU
KBO Satlantas Polres Trenggalek Iptu Suwanan saat memerikan sosialisasi keselamatan dengan awak dan kru pengemudi Bus maupun MPU

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Dalam melaksanakan operasi Keselamatan Semeru 2018  dan memasuki hari ke-3, Satlantas Polres Trenggalek mengintensifkan tindakan Kepolisian dengan pola preemtif, preventif serta  represif berupa penegakan hukum bidang lalu lintas.

Sejak awal operasi di gelar dan selama dua hari pada Senin-Selasa (5-6/3/2018) telah menemukan sejumlah pelanggaran dan tercatat sudah 66 pelanggaran yang terdiri dari 41 berupa teguran, 25 penindakan.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma melalui Kaurbinops Satlantas Iptu Suwanan menuturkan, pihaknya mengedepankan upaya preemtif dan preventif sebagai upaya pencegahan tanpa mengurani ketegasan menindak pelanggar lalulintas kasat mata sesuai UU yang berlaku.

”Kita coba membangun kesadaran masyarakat terlebih dahulu melalui upaya-upaya pencegahan. Namun tindakan tegas terhadap pelanggar kasat mata seperti tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari satu, melawan arus, kendaraan tidak sesuai spektek tetap kita lakukan,’’jealsnya, Rabu (7/3)

Dikatakan, operasi ini tujuan utama menciptakan situasi Kamseltibcarlantas. sampai dengan hari ke-3 operasi Keselamatan Semeru 2018, pihaknya telah menindak sedikitnya 66 pelanggar.

“ Semua pelanggaran dan yang ditindak dari pengendara motor. Rata-rata tidak menggunakan helm serta sisanya pelajar yang belum cukup umur dan belum memiliki SIM,” terangnya.

Ditambahkan sejak pagi hari bersama beberapa anggota Satlantas sudah melakukan giat dengan berkeliling ke sekolah-sekolah di kota Trenggalek. Seperti di SDN III Pertiwi, SMP Negeri 3 yang berlokasi di selatan alun-alun mensosialisasikan tertib lalulintas.

Selain itu, jajaran Satlantas juga menggelar sosialisasi keselamatan berlalulintas dengan sasaran para awak maupun kru angkutan umum di terminal bus surodakan Trenggalek dan para pengemudi MPU di terminal Colt.

“ Upaya ini untuk menyentuh para pengemudi angkutan umum agar mentaati peraturan  lalu lintas. Ndak usah ngebut, apalagi ugal-ugalan di jalan. Ingat kalian semua membawa penumpang dan harus mengantar mereka sampai ketujuan dengan selamat,’’pungkasnya.(sup/ham)