Tiga Anggota DPRD Fraksi PKB Diperiksa BAWASLU Lamongan

Anggota DPRD menghadiri panggilan BAWASLU Lamongan terkait keikutsertaannya dalam kampanye salah satu Cagub. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Tiga anggota DPRD di Kabupaten Lamongan Jawa Timur dilaporkan masyarakat ke Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Laporan ini terkait terlibatnya ketiga anggota DPRD tersebut dalam kampanye calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul beberapa waktu lalu.

Tiga anggota DPRD ini diketahui bernama Abdul Ghofur selaku Wakil Ketua DPRD Lamongan, Mahfud Shodiq anggota DPRD Lamongan serta Makin Abbas anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Mereka dilaporkan masyarakat ke BAWASLU karena saat kampanye Calon Gubernur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pasar Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung beberapa waktu lalu ketiganya terlihat aktif.

Laporan masyarakat terkait ketiga anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini tidak mengajukan surat ijin cuti untuk ikut berkampanye.

Pemeriksaan dan permintaan klarifikasi ketiga anggota DPRD tersebut berlangsung sekitar satu jam dan tertutup di salah satu ruangan BAWASLU.

Ketua BAWASLU Lamongan, Tony Wijaya mengatakan bahwa laporan ini berasal dari masyarakat yang. Mengetahui jika ketiganya belum mengetahui mengantongi ijin cuti kampanye. Sehingga perlu dilakukan pemanggilan untuk klarifikasi lebih lanjut terkait pelaporan ini.

Tony Wijaya lebih lanjut menjelaskan, dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017, kampanye pilkada serentak dilarang menggunakan fasilitas negara termasuk jabatannya.

“Menurut PKPU No 4 Tahun 2017 larangan mengkampanyekan menggunakan fasilitas negara, bukan dalam arti fisik (kendaraan atau gedung), melainkan juga jabatan dan mengandung pembiayaan yang bersumber dari dana pemerintah dilarang”, terangnya.

Sedangkan terkait dengan pelaporan masyarakat ini, salah satu anggota DPRD mengakui jika saat itu ikut kampanye, namun tidak tahu jika itu dilarang. Dengan alasan aturan terkait itu belum pernah dilakukan sosialisasi oleh KPU Setempat.(omdik/fer)