Sambangi UMKM di Ponorogo, Khofifah Siap Dorong Tingkatkan Perekonomian

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Dalam rangkaian kegiatan di Ponorogo, Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa mendatangi UMKM Jenang Mirah yang berada di Desa Josari, Kecamatan Jetis Ponorogo, Minggu(11/03/2018).

Kedatangan Calon Gubernur nomor urut 1 yang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak ini dalam rangka melihat langsung UMKM sesuai dengan tagline pasangan Khofifah-Emil yaitu ‘Kerja Bersama Untuk Jatim Sejahtera’.

“Melihat inisiatif masyarakat untuk bisa melakukan pemberdayaan ekonomi, tidak hanya pada keluarganya, tapi juga pada masyarakat sekitar,”ucap Khofifah Indar Parawansa kepada kanalindonesia.com di lokasi pabrik jenang Mirah yang berada di Desa Josari, Jetis , Ponorogo, Minggu(11/03/2018).

Dikatakan Khofifah, lingkaran produksi jenang mirah ini sangat luar biasa karena ada berbegai pihak yang terlibat diantaranya petani kelapa, petani ketan, beras, karyawan.

Dengan adanya industri rumahan yang hampir semua merupakan padat karya ini, Khofifah akan berusaha untuk terus mendorongnya.

“Hampir semua produk-produk industri rumahan ini padat karya. Jadi kita bisa melihat betapa sesungguhnya serapan tenaga kerja akan terbantu pada proses-proses industri rumahan termasuk didalamnya adalah jenang mirah ini. Kedepan akan kta dorong terus, untuk lebih maju dan meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Timur,”terang Khofifah.

Untuk itu, pihaknya akan segera memikirkan tentang perluasan pangsa pasar, sehingga produk-produk rumahan seperti ini bisa lebih dikenal masyarakat,

“Nah, sekarang bagaimana perluasaan pangsa pasarnya, sehingga apa yang diproduksi ini bisa banyak dikenal dan dimasyarakatkan, sehingga masyarakat disekitar sini juga banyak yang terserap tenaga kerja di sini(jenang mirah),”pungkas Khofifah.(wa)