RAT KSSP Syariah Mandiri Trenggalek, Plt Bupati Minta Terus Kembangkan Diri

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Koperasi KSSP Syariah Mandiri yang berkantor di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT), Minggu (11/03/2018)  di aula Hotel Prigi, Kecamatan setempat.

Koperasi yang beranggotakan 1300 orang dari  berbagai macam profesi itu meliputi Paguyuban nelayan , petani , pemandu wisata dan Pedagang Kaki Lima, dan Paguyuban Becak Diesel atau bedes.

Mereka mendapat kehormatan dengan hadirnya Plt Bupati Trenggalek, H Moch Nur Arifin.

Dalam paparannya, Asmadi, salah satu pimpinan Koperasi KSSP Syariah Mandiri dalam kegiatan ini  bermaksud untuk melaksanakan serta mempertanggung jawabkan kinerja. Terhitung dari tahun 2011 sampai dengan 2018, melalui RAT. Forum RAT merupakan sebuah forum yang disarankan Undang-Undang Koperasi. “Bagi  koperasi harus mempertanggung jawabkan laporannya diakhir tahun”, tuturnya, Minggu,(11/3).

Ia pun menambahkan untuk menilai sebuah koperasi berjalan atau tidak, berdasarkan cara yang cukup sederhana dan mudah. Salah satu indikasi penilaian tersebut, yaitu koperasi dapat melaksanakan RAT seperti yang diamanatkan UU Koperasi.

“Jika koperasi tidak mampu melaksanakan RAT, sebagaimana amanah undang-undang, tentu perlu dipertanyakan lagi eksistensinya”, tegasnya.

Sementara itu Plt Bupati Trenggalek H Moch Nur Arifin, dalam sambutannya mengucapkan rasa bahagia. Sebab , KSSP Syariah Mandiri yang merupakan badan usaha bersama masih terus survive. Sekaligus pula, dapat dan bisa menjadi lembaga yang senantiasa dibutuhkan oleh anggotanya.

“Saya merasa sangat bahagia, karena KSSP Syariah Mandiri selalu dapat bertahan. Sekaligus selaras dengan maksud dan tujuan keberadaan koperasi sendiri, yakni sebuah usaha bersama untuk memajukan kesejahteraan anggotanya,” ungkapnya.

H Moch Nur Arifin menambahkan, selain menjalankan amanat undang-undang, RAT merupakan wujud forum pertanggung jawaban kinerja lembaga secara periodik.

“Tadi sudah disampaikan bahwa secara keseluruhan anggota sepakat dinyatakan baik.  Maka  KSSP dinyatakan sehat,” imbuhnya dihadapan seluruh peserta yang hadir.

Tak lupa Plt Bupati Moch Nur Arifin juga berpesan kepada pengawas, pengurus, dan seluruh anggota koperasi, untuk mampu mengembangkan koperasi dengan inovatif dan menarik. Harapannya, koperasi akan selalu ada gaung dan manfaat  bagi anggotanya.

“Bila sebuah koperasi menggunakan pola-pola yang menarik dan inovatif, tentu saja akan ada menumbuhkan gairah untuk meningkatkan simpanan wajib,” ungkapnya.

Masih menurut orang nomor satu di Pemkab Trenggalek  itu, harapannya agar KSSP Syariah Mandiri yang notabene beranggotakan dari berbagai latar belakang profesi itu dapat dikelola dengan  baik secara operasional, maupun sarana dan prasarana. Sekaligus pula, disesuaikan dengan metode kekinian dan lebih up to date.

Kepada segenap jajaran pengawas, pengurus, karyawan, dan seluruh anggota, tak lupa disisipkan pesan. Agar saling menjaga solidaritas, dan soliditas untuk dapat memajukan koperasi ini dengan laporan yang akuntabel dan transparan.

“Semakin majunya KSSP Syariah mandiri tentu akan meningkatkan kesejahteraan anggota. Teruslah bergerak maju jangan pernah berhenti, karena waktu tidak pernah berhenti dan terus berjalan,” pungkasnya. (adv/hms/ham)