Jalan Raya Nglongsor – Karangan Ditambal

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Kerusakan jalan di wilayah Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, khususnya jalan raya antara Nglongsor – Desa/Kecamatan Karangan akhirnya diperbaiki dengan pola penambalan berbahan dasar semen oleh pihak Pemerintah Kecamatan Tugu.

Seperti halnya Pemerintah Kecamatan Tugu yang berinisiatif dengan menambal lubang yang ada di Desa Nglongsor kecamatan setempat yang masuk wilyah jalan nasional.

Kepala Kecamatan Tugu ,Drs Budiyanto mengatakan , kewenangan perbaikan jalan Nlgongsor-Karangan milik Pemkab Trenggalek, namun aturan perbolehkan pihak kecamatan melakukan penambalan jalan karena sifatnya darurat, meskipun anggarannya sangat minim.

“Kita boleh kok merawat jalan ini karena kita sudah mendapatkan rekom dari kabupaten,” ucapnya.

Budi menambahkan pihaknya terpaksa melaksanakan kegitan itu , karena prihatin jalan yang ada di wilayahnya itu makin hari makin parah.

“Kita kasihan terhadap penguna jalan kalau terjatuh karena masuk lubang jalan tersebut. Maka  kita  bekerja sama dengan masyarakat dan pihak desa melakukan penambalan,” ungkapnya.

Rurin (40), warga yang kebetulan rumahnya ada di seberang jalan berlubang itu mengatakan, kendaraan seringkali terperosok di lubang tersebut. Maka itu jika ini diperbaiki bisa mengurangi jumlah korban lainnya.

“Lubangnya lebar sekali, kemarin saja kecelakaan karena terperosok lubang sehari dua kejadian yaitu pagi dan malamnya. Rata-rata para pengguna jalan yang mengalami kecelakaan belum pernah melewati jalan di sini,” tuturnya.

Apalagi ketika tiba malam hari,  pengendara harus ekstra hati-hati memacu kendaraannya. Kondisi akan parah jika sedang diguyur hujan , airnya masuk di lubang menjadi genangan.

“Penerangan jalan di sini minim, pas pengendara ngebut dan tak tahu kondisi jalan, bisa saja akan terjatuh,” ujarnya.

Sementara,  Fahmi, Plt Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Kabupaten Trenggalek saat dikonfirmasi tidak berada di kantor bahkan Handponenya juga off.(ays/ham)