Manfaatkan UMKM Tingkatkan Ekonomi Petani dan Pemberdayaan Perempuan

KANALINDONESIA. COM,  KENDAL – Kunjungan kerja anggota DPR RI Juliari P Batubara di Sukorejo Kendal dalam rangka meningkatkan Koperasi UMKM dan Pemberdayaan Perempuan di kabupaten kendal. Kemarin (31/3). Upaya meningkatkan kualitas petani tembakau di kendal kembali stabil sehingga dapat meningkatkan ekonomi bagi petani.

Hadir, dalam kegiatan ketua DPC PDI P Widya Kandi Susanti, anggota dewan dari partai PDI P, Laskar Kretek dan kader Partai PDI P.

Upaya tingkatkan ekonomi masyarakat dengan menggalakan Koperasi UMKM dan Pemberdayaan Perempuan diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Anggota DPR RI Juliari P Batubara mendorong wanita dalam keanggotaan koperasi para petani tembakau di Kendal. Saat ini peran wanita menjadi petani tembakau di Kendal cukup tinggi oleh sebab itu sebagai langkah upaya pemberdayaan wanita dengan melibatkannya dalam pembentukan koperasi.

“Lembaga penerima bantuan harus berbadan hukum, Jadi saat ini dalam memberikan bantuan sangat sulit dan dengan hadirnya perempuan di koperasi para petani tembakau, dirinya juga bisa terlibat dalam pengelolaan bantuan tersebut,” ungkapnya.

Peran koperasi sendiri akan menguntungkan para petani tembakau. Pasalnya koperasi ini dibentuk untuk mencukupi kebutuhan petani selama masa tanam. Kini tengah dibentuk RUU inisiatif mengenai tembakau.

“Itu merupakan tugas pokok kami mencoba melindungi semua kepentingan termasuk para perani tembakau,” tandasnya Juliari P Batubara.

Menurut Suyanto, Koperasi UMKM dan Pemberdayaan Perempuan, ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan bahkan membantu sebagai tulang punggung laskar kretek untuk pemberdayaan perempuan. Keberaaan koperasi bisa mendukung akan kebutuhan para petani khususnya tembakau.

Karena akibat kekurangan permodalan, rendahnya harga tembakau dan adanya impor tembakau justru membuat petani tembakau menjadi terpuruk.

“Semoga dengan adanya Koperasi UMKM, petani tembakau tak perlu lagi cemas soal kebutuhan modal. Karena koperasi akan mensuport segala kebutuhan petani. ” katanya.(eko)