Rinjani Ditetapkan Sebagai Unesco Global Geopark, Gubernur NTB: Alhamdulillah…

Gubernur NTB, TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) 
Gubernur NTB, TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB)

MATARAM, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengapresiasi United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang telah menetapkan Gunung Rinjani sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Penetapan Gunung Rinjani sebagai Unesco Global Geopark ini dalam sidang Executive Board Unesco ke-204 , di Kota Paris, Perancis.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada panel Unesco yang sudah menetapkan Rinjani sebagai Unesco Global Geopark (UGG), semua ini tidak lepas dari kerjasama dari semua pihak baik pemerintah dan juga masyarakat NTB”, kata TGH. Muhammad Zainul Majdi, Gubernur NTB, disela-sela acara Musrenbang Provinsi NTB, di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Senin (16/4/2018) kemarin.

Dijelaskan Gubernur Majdi, setelah Rinjani ditetapkan sebagai UGG, pemerintah dan pihak-pihak terkait akan mementukan langkah untuk terus membenahi Geopark Rinjani. Menurutnya, salah satu yang jadi tugas utama yakni memastikan agar kualitas lingkungan tetap terjaga, khususnya di pusat pusat keramaian misal di kawasan Gunung Rinjani yang menjadi jalur traking.

“Jadi ketika sudah jadi global malu kita, jangan sampai isu kebersihan itu kemudian masih ada, ayolah kita bantu diri kita”, tuturnya

Gubernur Majdi menilai dengan penetapan Rinjani sebagai UGG, maka potensi daerah NTB akan bertambah juga tentunya industri pariwisata di NTB pada umunya akan lebih maju, tenaga kerja juga akan lebih banyak terserap, dan industri kreatif akan terus berkembang.

“Yang lebih penting dari itu dari penetapan ini kita akan lebih berhati-hati dalam mengembangkan kawasan-kawasan penting di daerah kita, dan harus dijaga jangan sampai kualitas lingkungannya menurun”, ucap Majdi.