Peringati Hari Kartini, Relawan Jokowi Gelar Pengobatan Gratis

Kepedulian relawan Jokowi terhadap perempuan dilakukan baksos peringati hari Kartini. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Dalam rangka memperingati hari pejuang perempuan R. A Kartini, Relawan Jokowi di Lamongan menggelar pengobatan serta pencegahan kanker serviks gratis bagi seratusan ibu rumah tangga dan remaja perempuan. Kegiatan bakti sosial ini juga sebagai salah satu wujud program Nawacita kepedulian Presiden Joko Widodo terhadap kesehatan perempuan.

Pemeriksaan yang difokuskan pada pemeriksaan payudara dan IVA (inspeksi Visual Asam Asetat) pemeriksaan rahim serviks tersebut, dengan mendatangkan tim kesehatan dari Stikes Kendedes Malang. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh relawan Jokowi di Kantor Desa Balun Kecamatan Turi Lamongan Jawa Timur, Kamis (19/4/2018).

Ibu-ibu di Lamongan mulai sadar akan pentingnya kesehatan, lebih-lebih pada organ yang sangat vital. Antusiasme itu bisa dilihat, saat digelar penyuluhan kesehatan dan bhakti sosial pengobatan gratis tersebut.

Kegiatan bhakti sosial, seperti yang disampaikan oleh Miftachul Rochim E Purwadi, Koordinator Forum Komunikasi Relawan Jokowi Kabupaten Lamongan (FKRJL) menyebutkan, difokuskan ke ibu-ibu, menyongsong peringatan sang pejuang perempuan ibu Kartini yang setiap tahun diperingati pada tanggal 21 April.

“Kegiatan ini adalah bagian ikhtiar kami untuk selalu peduli perempuan, apalagi ibu negara Iriana Jokowi sudah tegas, untuk mengkampanyekan gerakan peduli kanker serviks dicanangkan pertengahan tahun 2017 lalu,” terangnya.

Disebutkan olehnya, adapun target utama baksos ini adalah buruh migran perempuan yang berada di pinggiran daerah, dan telah kembali dari bekerja di luar negeri, yang memungkinkan terjadi hal hal yang berakibat pada kesehatan reproduksi.

“Memang diutamakan di daerah daerah Kabupaten kota yang mempunyai kantong kantong buruh migran. Namun Tidak menutup kemungkinan masyarakat perempuan pinggiran, karena keterbatasan pengetahuan dan keterbatasan fasilitas kesehatan,” ujarnya

Kegiatan baksos ini diawali di kabupaten Lamongan, di Desa Balun, Kec. Turi, Kabupaten Lamongan. Dari Lamongan tambah Miftah panggilan akrab Miftachul Rochim E Purwadi, kegiatan baksos ini bisa bergulir ke kabupaten Kota lainnya yang peduli dengan kesehatan reproduksi, seperti Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Trenggalek.

Sementara itu, Nunuk salah satu warga Balun yang ikut memeriksakan IVA mengaku senang, kalau ada bhakti sosial kesehatan seperti ini, dan ia baru pertama kali memeriksakan IVA (inspeksi Visual Asam Asetat) pemeriksaan rahim serviks tersebut, untuk mendeteksi dini.

“Pemeriksaan ini penting agar kita tahu dari dini, dan saya senang sekali bisa ikut pemeriksaan ini apalagi gratis, ” terangnya.

Catarina Galuh, tim kesehatan dari Stikes Kendedes Malang menyebutkan, masyarakat Lamongan di Balun sangat antusias untuk mengikuti pemeriksaan IVA gratis ini. Mereka sebelum dilakukan pemeriksaan mendapatkan penyuluhan kalau penyakit kangker serviks dan kangker payudara adalah penyakit yang mematikan, dan wanita harus mengetahui dengan dini penyakit tersebut.(omdik/fer)