Pelajar di Lamongan Berhasil Mengolah Cangkang Kerang Jadi Pakan Ternak

Tiga siswa SMA Negeri 1 Paciran yang berhasil mengolah cangkang kerang menjadi pakan ternak. Foto:omdik_kanalindonesia.com
Tiga siswa SMA Negeri 1 Paciran yang berhasil mengolah cangkang kerang menjadi pakan ternak. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Bagi sebagian orang, cangkang kerang biasanya dijadikan beraneka ragam kerajinan hiasan, mulai dari hiasan tangan hingga hiasan dinding. Namun, di tangan siswa di Lamongan Jawa Timur, cangkang kerang justru diolah menjadi suatu produk bermanfaat yang berkhasiat tinggi untuk hewan ternak.

Jangan pernah membuang begitu saja kulit atau cangkang kerang hijau. Ternyata, limbah berupa cangkang kerang ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas ayam petelur. Caranya sangat sederhana, cangkang kerang hijau ini cukup dihaluskan dan dicampur ke makanan unggas setiap hari. Hasilnya, produktivitas telur ayam semakin berlimpah dan memperkuat cangkang telur agar tidak mudah pecah.

Ide awal bermula dari keprihatinan tiga siswa SMA Negeri 1 Paciran, melihat banyak tumpukkan cangkang kerang berserakan di lingkungan pantai. Lalu mereka mencoba mengolah cangkang kerang tersebut kemudian melakukan uji laboraturium untuk mengetahui kandungan pada cangkang kerang.

Proses pengolahan diawali dengan membersihkan cangkang kerang dari kotoran, setelah bersih, cangkang dijemur diterik matahari, setelah kering proses selanjutnya menghaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling.

Proses penghalusannya dilakukan sesuai kebutuhan saja, jika sudah dirasa halus, cangkang kerang yang sudah menjadi serbuk ini kemudian diayak. Setelah halus dan menjadi tepung ini kemudian dimasukkan ke dalam wadah dan siap untuk dipasarkan.

Kandungan yang terdapat dalam cangkang kerang tersebut dipercaya bisa meningkatkan hasil produksi telur karena mengandung kalsium, protein serta posfor.

Ide kreatif ini diharapkan pakan ternak dari cangkang kerang dapat diproduksi oleh perusahaan guna dipasarkan dan dikembangkan dalam jumlah besar untuk peternak ayam di Indonesia.

Tidak sia-sia karya kreatif tiga siswa SMA Negeri 1 Paciran yaitu Muhammad Haris Yulianto, Dian Kurnia Hafsari dan Silvy Maharani mampu menyisihkan 350 peserta lainnya hingga meraih juara satu tingkat nasional dalam Event Management Festival 2018 di Fakultas Managemen Bisnis Institut Teknologi Surabaya.(omdik/fer)
[20/4 11.42] Arso_kanalindonesia.com: Pelajar Di Lamongan Berhasil Mengolah Cangkang Kerang Jadi Pakan Ternak