SBL Pertahankan Prestasi Basket, SMPN 3 Trenggalek Gelar SBL

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Untuk mempertahankan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Basketball Street tingkat Jawa Timur, tahun kemarin , kini SMPN 3 Trenggalek menggelar turnamen Student Basketball League (SBL)  yang pesertanya dari seluruh Sekolah Dasar (SD) se- Kabupaten Trenggalek .

Gelaran Basketball street di lapangan seluas  28,5 meter dan lebar 15 meter yang milik sekolah itu, bertujuan juga untuk menarik minat para siswa SD untuk tertarik belajar serta menempuh pendidikan tingkat lanjutan pertama di sekolah yang berdiri persis di selatan Alon-alon Kabupaten Trenggalek, Sabtu,(12/5/2018).

Kepala Sekolah SMPN 3 Trenggalek, H Tri Utomo mengatakan, turnamen SBL  yang diikuti oleh anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di wilayah Kabupaten Trenggalek kemarin, bertujuan untuk menarik daya pikat menempuh jenjang pendidikan di SMPN 3 Trenggalek melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) di bidang  olahraga.

“Salah satunya olahraga dari basket ball yang sedari dulu banyak digandrungi oleh siswa siswi yang berumur belia memang telah menjadi ikon di sekolah ini. Bukatinya kita sering juara baik tingkat regional maupun nasional,” ungkapnya, Minggu, (13/5/2018) di Trenggalek.

Yang lebih membanggakan , masih keterangan Kasek Tri Utomo, dalam acara SBL itu  juga turut hadir orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Seperti halnya pecinta olahraga basket dari Jakarta dan Surabaya.

“Kita tidak mengundang , tetapi antusiasme teman dari pebasket Jakarta dan Bandung juga datang untuk meriahkan event ini,” tuturnya.

Dikatakannya, SMPN 3 Trenggalek yang dari dulu selalu mendapatkan prestasi di jalur akademik dan non akademik pada tahun ini ingin menorehkan prestasi-prestasi yang lebih banyak lagi di masing-masing bidang.

“Tidak hanya mencetak atlet di bidang olahraga khususnya basket, kita juga pacu siswa untuk bisa meraih prestasinya di akademik,” tandasnya.

Namun, untuk kedepannya sekolah yang berada di jantung kota Trenggalek tersebut ingin membuat sebuah gebrakan baru di bidang olahraga. Mengingat, pada tahun 1975 Trenggalek pernah tercatat sebagai olahraga terbaik di kancah nasional, dan SMPN 3 Trenggalek yang mewakili.

 “Saya ingin membuat gebrakan baru untuk Trenggalek khususnya dibidang olahraga. Mengingat tahun 1975 Trenggalek pernah mendapat juara di tingkat nasional. Salah satunya berawal dari prestasi anak-anak SMPN 3 Trenggalek ini yang akan menjadi pelopornya,” pungkas H. Tri Utomo.(ata/mil)