Tempat Sampah Otomatis Buka dan Tutup Sendiri Karya Siswa Lamongan

Salah siswa memanfaatkan tempat sampah otomatis untuk menampung sampah di sekolahnya. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Berkat temuan inovatif siswa SMK Muhammadiyah 1 Lamongan Jawa Timur, pastinya bakal membuat anda mudah saat membuang sampah. Anda tidak perlu membuka bak sampah dikarenakan tempat sampah sudah dikemas secara otomatis. Tempat sampah ini dinamakan Si Sharini.

Cara kerja tempat sampah otomatis karya inovatif siswa SMK Muhammadiyah 1 Lamongan ini cukup simpel. Saat mendekati tempat sampah dengan jarak setengah meter, secara otomatis penutup bak sampah terbuka dengan sendirinya. Dengan begitu, siswa tinggal meletakkan sampah yang akan dibuang. Setelah sampah dimasukan, kemudian penutup bak sampah secara otomatis tertutup dengan sendirinya.

Melihat cara kerja tempat sampah ini tentu membuat siswa sangat terbantu dan membuat praktis. Sehingga diharapkan, adanya inovasi bak sampah otomatis ini, siswa akan lebih bersemangat dan tidak sembarang membuang sampah di lingkungan sekolah.

Ide awal bermula dari rasa kprihatinan siswa terhadap banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan sekolah. Ini disebabkan karena prilaku siswa yang masih kurang sadar akan manfaat kebersihan. Dan ide ini akhirnya memberikan kemudahan dan semangat kepada siswa untuk membudayakan membuang sampah pada tempatnya.

Yang lebih menariknya lagi, tempat sampah otomatis ini bisa mengirim sensor ke Handphone Android. Jika sampah sudah penuh, maka langsung terdeteksi kemudian bisa segera mungkin untuk dibuang. Rencananya, tempat sampah Si Sharini akan diproduksi secara masal untuk pasarkan.

Karya inovatif tempat tempat sampah otomatis Si Sharini siswa SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, mampu menyabet juara nasional Best Prototipe di Universitas Internasional Semen Indonesia, dan juara 1 Biosfer Inovation Competition 2018 di Universitas Muhammadiyah Surabaya tingkat Jawa Timur.(omdik/fer)