Diharapkan Alumni Pondok Bisa Menjadi Pemimpin Negara

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Perkembangan dan pertumbuhan pondok pesantren (Ponpes) begitu pesat khususnya Kendal dan mudah-mudahan membawa manfaat untuk umat lebih luas. Keberadaan pesantren sudah mengimplementasikan apa yang menjadi  tugas atau amanat undang-undang (UU) untuk mencerdaskan bangsa. Seperti haknya sudah diambil alih sebagian oleh Ponpes Darul Amanah.

“Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarya  atas cerih payahnya pengasuh Pondok Darul Amanah yang mencurahkan baik tenaga, pikiran dan daya. Upaya partisipatif dari warga masyarakat Kendal untuk membina umat supaya lebih baik dan berkembang dan maju,” kata Wakil Bupati Masrur Masykur, pada saat meresmikan  12 Lokal Ruang Kelas Baru Pondok Pesantren (Pompes) Darul Amanah Sukorejo, dalam rangka  Akhirussanah, Wisuda Santri Kelas VI TMI, Pendaftaran Santri Baru (PSB), Minggu (13/5).

Pengajian yang digelar di halaman pesantren itu menghadirkan mubaliq Dakwah Komedi dan Canda (Dakocan). Yakni kolaborasi antara ustadz dan bintang sinetron, KH Lukman Sayadi MAg (Ustadz Joker) dan Bang Madid Musyawaroh, aktor sinetron Islam KTP ( Qubil AJ ).

“Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Karena peran pesantren inilah sesungguhnya masyarakat kita bisa lebih kondusif,” ungkapnya.

KH Lukman Sayadi dalam tausyahnya, menyampaikan akan keutamaan bulan Sya’ban. Yang menurutnya, saat ini tengah berada di bulan Sya’ban, tiga bulan yang Allah SWT mulyakan. Pertama bulan Rajab. Menurut Ibnu As Syakir, hadis Rasulullah SAW, Rajab adalah bulannya Allah SWT, sebab bulan Rajab, Allah SWT tunjukkan tanda kebesaran-Nya kepada hamba yang dicintai-Nya.

“Seperti contoh, peringati Maulid Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra’ dan Mikraj,” jelasnya.

KH Lukman atau bisa disebut Ustadz Joker mengungkapkan, kenapa surah Al Isra’ diawali dengan kalimat tasbih? Diawali kalimat Subhana? Yang pertama rahasianya karena perjalanan Isro’ adalah perjalanan suci yang dijalankan Nabi Muhammad SAW, hamba Allah SWT yang disucikan-Nya. Yang akan ditemui Allah SWT, dzat maha suci.

“Nabi Muhammad SAW hamba Allah SWT yang disucikan dari dosa Rasulullah ma’sum. Kemudian jasmaninya, subhanallah disempurnakan oleh Allah SWT,” tandasnya.

Pengasuh Ponpes Darul Amanah KH Mas’ud Abdul Qodir, mengatakan, dalam perkembangan pesantren saat in begitu pesat. Setidaknya ada sebanyak 18 macam pembangunan fisik. Dari 18 pembangunan fisik itu, diantaranya pembangunan 12 lokal kelas baru dan aliran listrik sudah 92.000 watt. Kemudian keberadaan genset sebesar 100.000 watt,

” Total besaran biaya dalam18 pembangunan itu Rp 2,794 miliar lebih. Rincianya dari Basnaz Rp 30 juta, lainya dari hasil swasembada,”tuturnya. (eko)