Kolaborasi Baznas dan Go-Pay Luncurkan Aplikasi Sedekah QR Code

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menjalin kerjasama dengan Go-Pay meluncurkan aplikasi Sedekah QR Code.

Layanan ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam membayar zakat, infak dan sedekah serta berbagi dengan sesama di tengahnya padatnya aktifitas.

Arifin Purwakananta, Deputi Baznas, mengatakan menyambut baik kerjasama dengan Go-Pay karena memudahkan masyarakat berdonasi memanfaatkan metode infak cashless dari Go-Pay.

“Kami melihat dengan metode ini, tidak hanya memudahkan masyarakat tetapi juga sedekah akan tercatat dalam sistem kami sehingga menjadi lebih transparan. Ini termasuk upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Arifin kepada Kanalindonesia.com usai peluncuran Sedekah QR Code di Kantor Pusat Baznas, Menteng, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Ia menjelaskan, saat ini donasi melalui Baznas mengalami peningkatan sekitar 40% tiap tahunnya. Terlebih dunia mengakui bahwa masyarakat Indonesia termasuk orang yang suka bersedekah atau donasi.

Nantinya, dana yang terkumpul dari donasi melalui Go-Pay ini dimanfaatkan untuk program-program pendistribusian dan pendayagunaan Baznas.

“Donatur tidak perlu khawatir, donasinya akan dimanfaatkan dengan baik untuk membantu masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai program di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, dakwah dan kemanusiaan,” kata Arifin.

Menurutnya, Baznas terus mendorong inovasi kemudahan zakat melalui berbagai layanan digital, baik digital banking, melalui e-commerce maupun financial technology.

Sedekah QR Code Go-Pay untuk donasi Baznas ini dapat ditemui masyarakat di Jabodetabek di berbagai lokasi seperti Billboard di area Pakubuwono Kebayoran Baru, stasiun KRL Commuter Line, booth-booth Baznas yang ada di 12 mal dan 20 gedung perkantoran.

“Selama ada Go-Jek maka masyarakat bisa melakukan Sedekah QR Code Go-Pay. Baznas hadir di 514 daerah baik tingkat provinsi, kotamadya maupun kabupaten. Target dana yang terhimpun selama bulan Ramadhan dari Sedekah QR Code Go-Pay ini sebanyak-banyaknya,” ungkap Arifin.

Sementara itu, Budi Gandasubrata selaku Managing Director Go-Pay mengungkapkan pihaknya hadir sebagai jembatan mempermudah masyarakat dengan lembaga keuangan dan untuk mendukung gerakan nasional non tunai pemerintah.

“Kami memilih Baznas karena sebagai lembaga negara resmi yang menyalurkan sedekah dan zakat. Baznas juga memiliki berbagai program untuk pemberdayaan masyarakat dan distribusi dan transparansinya tidak diragukan,” ungkapnya.

Budi memaparkan berdasarkan data internal Go-Jek, pada bulan Ramadhan tahun lalu, donasi melalui Go-Pay menjadi salah satu pilihan yang diminati masyarakat dengan donasi meningkat 60% di Ramadhan 2017 dibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, terjadi peningkatan tipping menggunakan Go-Pay dari konsumen kepada mitra driver selama bulan Ramadhan, yaitu 1 dari 4 order yang dilaksanakan.

“Bulan suci Ramadhan sebagai momentum yang pas dan baik untuk memperkenalkan donasi non-tunai melalui kode QR. Pengguna Go-Pay bisa melakukan sedekah cukup dengan menggunakan menu scan QR yang ada di aplikasi Go-Jek. Setelah memilih menu tersebut, pengguna Go-Pay tinggal memindai kode QR milik Baznas yang ada di berbagai lokasi,” tutur Budi. @Rudi