Cek Kelayakan Senpi, Polres Trenggalek Pastikan Siap Amankan Situasi

TRENGALEK, KANALINDONESIA.COM: Maraknya aksi terorisme yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, membuat Kepolisian meningkatkan kewaspadaan pada level tertinggi. Sama halnya yang dilakukan PolresTrenggalek, selain memperketat penjagaan di pintu masuk Mako dengan personel bersenjata lengkap, juga pelatihan pola penanganan terorisme terhadap seluruh anggota.

Tak hanya itu, Polres Trenggalek juga melakukan pengecekan serta memeriksa seluruh senjata inventaris yang dimiliki. Baik senjata pendek jenis pistol dan revolver maupun laras panjang. Pemeriksaan senpi ini berlangsung di taman batu Mapolres,’’ Selasa (22/5/2018).

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S mengatakan, kewaspadaan kepolisian sudah pada level tinggi. Selain perketat penjagaan, pelatihan pola penanganan teroris, juga pemeriksaan seluruh senjata inventaris yang digunakan untuk mendukung tugas sehari-hari.

“Kita cek kebersihan dan fungsi. Artinya Senpi masih laik dan berfungsi dengan baik. Pemeriksaan ini juga diikuti oleh anggota Polri pemegang Senpi dinas serta senjata inventaris,’’ucapnya.

Menurutnya, pemeriksaan Senpi inventaris dinas ini, bertujuan untuk mengecek kesiapan Sarpras pendukung jika terjadi kondisi kontijensi. Dijelaskan pula kepada jajarannya, tentang mekanisme dan tata cara penggunaan senpi sesuai dengan peraturan Kapolri nomor 01 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

“ Penggunaan Senpi sudah diatur sedemikian rupa. Jadi tidak bisa asal-asalan. Pemegang Senpi juga wajib memiliki skill dan lolos pemeriksaan psikologi,” tegasnya.

Ditambahkan, terkait hasil pemeriksaan Senpi untuk semua senjata dalam kondisi bersih dan ready for use sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan berdasarkan tingkat urgenitas sudah siap digunakan.

“ Dari hasil pemeriksaan Senpi, secara keseluruhan semua masih laik. Jadi jika sewaktu-waktu dibutukan dipastikan sudah siap,’’pungkasnya. (sup/ham)