Butuh Waktu 2 Tahun, Warga Lamongan Selesaikan Pembuatan Al Qur’an Raksasa

Ustadz Rusdi bersama dengan hasil karyanya. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Beragam cara dilakukan warga muslim dalam beramal selama menunaikan ibadah puasa ramadhan. Seperti yang dikerjakan Ustadz Rusdi, Desa Sidorejo Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan, Jawa Timur yang terbilang unik ini dengan membuat Mushaf Al Qur’an raksasa yang akan diselesaikan di bulan suci Ramadhan ini.

Tidak tanggung – tanggung Mushab Al Qur`an yang dibuat Ustadz Rusdi ini berukuran panjang 2,5 meter lebar 2,4 meter dengan berat 400 Kg dan ukuran tinggi huruf alif pada Mushaf Al Qur`an karya seni Ustadz Rusdi mencapai tujuh centimeter dan lebar masing – masing huruf satu centimeter. Sedang untuk menandai masing – masing ayat dalam lembaran mushaf Al Qur`an raksasa ini menggunakan stiker khusus sehingga menimbulkan kesan indah serta artistik.

Untuk membuat Mushaf Al Qur`an raksasa ini Ustadz Rusdi memakai kertas khusus yang didatangkan dari Prancis. Begitu pula untuk tetap menjaga kesucian mushab Al Qur’an karya tulisan tangannya ini telah dibuatkan kotak khusus.

Sang penggagas Mushaf Al Qur`an raksasa, Ustadz Rusdi ketika ditemui Kanalindonesia.com, Kamis (24/5/2018), sedang asyik menggoreskan kanvas di lembaran kertas putih yang telah disiapkan untuk merampungkan mushaf Al Qur`an raksasa tersebut.

“Saat ini saya tinggal selesaikan bagian akhir pada Al Qur’an ini,” ungkapnya.

Mushaf Al Qur’an tulisan tangan Abdul Karim itu mengkolaborasikan Mushaf Al Qur’ an gaya timur tengah dengan gaya Indonesia yang dilengkapi pula dengan tanda kharokat.

Cara pengerjaannya cukup sederhana, mula-mula menjepit kertas ukuran raksasa tersebut memakai alat khusus. Alat tulis yang digunakan terbuat dari ranting pohon atau ranting bambu yang diruncingkan pada bagian ujungnya, lalu siap digunakan.

Tampak tak begitu sulit dalam proses penulisan tiap ayat-ayat Al Qur’an. Pengasuh Ponpes Nurul Iman ini tinggal mencontoh dari Al Qur’an yang sudah ada. Meski demikian, dalam proses dan keuletan dalam menulis.

Al Qur’an raksasa buatan Ustadz Rusdi ternyata mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lamongan. Rencananya, Al Qur’an raksasa nantinya akan ditempatkan di Masjid Agung Lamongan. Hal ini bertujuan agar umat Islam semakin rajin menuntut ilmu agama dengan gemar membaca Al Qur’an.(omdik/fer)