Kebiasaan Sederhana ini Perlu Kamu Ketahui Untuk Liburan yang Sempurna di Jepang

JEPANG, KANALINDONESIA.COM: Jepang membuka pintu selebar mungkin buat traveler Indonesia. Fasilitas bebas visa membuat negeri Jepang makin menarik minat wisatawan tanah air. Selain itu, Jepang juga semakin mudah dicapai berkat makin banyaknya penerbangan yang melayani rute ke negeri matahari terbit tersebut, termasuk salah satunya adalah All Nippon Airways.

Membayangkan Jepang itu identik dengan keindahan. Mulai dari salju di puncak Gunung Fuji, bunga sakura yang bermekaran di musim semi, hingga ramainya festival-festival yang digelar oleh masyarakat negara tersebut. Siapa yang nggak mau pergi ke negeri yang menakjubkan tersebut?

Tapi kalau sudah mengantongi tiket penerbangan All Nippon Airways, jangan lupa untuk memelajari  hal-hal sederhana yang akan memudahkanmu dalam berinteraksi dengan orang Jepang.

Cara Membungkukkan Badan yang Benar

Orang Jepang nggak sembarangan dalam membungkukkan badannya saat memberi hormat ke orang lain. Ada aturan untuk melakukan hal ini, yaitu kaki lurus ke tanah, dan tubuh bagian atas sampai pinggang dimiringkan hingga sudut 15 sampai 45 derajat.

Orang Jepang Nggak Tabu Ucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih adalah budaya yang selalu dipupuk masyarakat Jepang dari masa ke masa. Jadi jangan sungkan untuk membungkukkan badan, mengucapkan terima kasih pada siapa pun yang memberikan bantuan padamu.

Orang Jepang Menyukai Privasi

Meski peduli dengan sesamanya, tapi orang Jepang juga menghormati privasi orang lain. Terutama saat naik sarana transportasi umum. Kalau nggak perlu bertanya atau bicara, duduk dan tenangkan dirimu. Buat yang traveling rame-rame, hindari membuat kegaduhan yang hanya bakal bikin image Indonesia jelek di mata orang Jepang. Selain itu, matikan juga dering ponsel karena kebanyakan orang Jepang juga mematikannya. Mereka lebih enjoy untuk naik bus atau kereta sambil menikmati kesendiriannya.

Antri

Nggak peduli seberapa panjang antrian di depan loket, berdirilah di belakang orang yang paling belakang. Antri memang membosankan, tapi ini adalah budaya baik yang dimiliki oleh masyarakat Jepang.

Resto Cepat Saji Harganya Lebih Mahal

Dibandingkan Indonesia, harga makanan di restoran cepat saji jauh lebih mahal. Kalau pengen makanan murah, belilah paket makanan atau cemilan di toko-toko lokal.

Jangan Tinggalkan Sisa Sampah

Terbiasa habis makan melenggang begitu saja? Jangan lakukan di Jepang. Sebaiknya cek dulu sekitarmu sebelum pergi. Kalau ada serpihan makanan yang jatuh atau berserakan, ambil dan kumpulkan, kemudian buanglah di tempat sampah.

Pelajari Bahasa Sehari-hari di Jepang

Sama seperti orang Indonesia saat melihat bule bilang, “Selamat pagi!” Begitu juga dengan orang Jepang, pasti juga bahagia kalau orang luar negeri mengerti dan menggunakan bahasa mereka. Yang penting, tetap jaga nilai-nilai kesopanan saat bicara, ya.

Bawa Uang Tunai

Ternyata layanan keuangan di Jepang jarang yang terkoneksi dengan kartu debit atau kredit dari negara lain. Daripada bingung, nggak bisa beli apa-apa karena nggak punya uang Yen, bawa selalu uang tunai untuk temani perjalananmu.

Alamat Hotel

Sebelum meninggalkan penginapan, mintalah kartu nama hotel, atau setidaknya alamat hotel dalam secarik kertas yang ditulis dalam aksara Jepang. Siapa tahu tersesat di jalan, kamu bisa minta tolong diantarkan ke alamat yang sudah tercantum di sana.

Jangan Memotret Sembarangan

Jepang punya aturan ketat soal memotret. Nggak seperti Indonesia, orang Jepang bakal risih kalau kamu bidik dengan lensa kamera. Biasakan bertanya dulu sebelum menjepret kamera. Selain itu, sebaiknya juga hindari memotret di dalam kuil.

Sederhana, tapi hal-hal di atas sangat penting supaya liburan ke Jepang jadi lebih bermakna. Mumpung berada sana, nggak ada salahnya belajar dan bersikap seperti orang Jepang. Selain berburu tiket promo All Nippon Airways, persiapkan juga booking penginapan dan akomodasi lainnya agar petualanganmu makin sempurna.(KI-01)