ZAKI Baznas Permudah Masyarakat Lakukan Bayar Zakat Secara Cepat dan Akurat

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus berinovasi dalam memudahkan masyarakat membayar zakat, infak dan sedekah.

Menggandeng PT. Art Digitalnya Indonusa (Artdigi) selaku perusahaan optimasi bisnis, dimensi teknologi informasi dan digital, kali ini Baznas meluncurkan layanan digital untuk mempermudah membayar ZIS yang diberi nama Zakat Virtual Assistant atau ZAKI Baznas.

Arifin Purwakananta, Deputi Baznas, mengatakan layanan digital ZAKI ini dihadirkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi zakat secara mudah, cepat, nyaman dan bersahabat.

“Perkembangan teknologi informasi di dunia zakat merupakan tantangan tersendiri. Terlebih di era 4.0 ini, semua lini saling terhubung. Maka, strategi besar Baznas adalah mengampanyekan gerakan zakat melalui berbagai saluran komunikasi online yang memudahkan muzaki atau pemberi zakat sesuai dengan trend digital yang berkembang di Indonesia,” kata Arifin di Jakarta, Jum’at (25/4/2018).

Arifin mengklaim inovasi ini yang pertama di dunia secara digital dalam memecahkan masyarakat membayar zakat, infak dan sedekah.

“Indonesia adalah penggerak zakat dunia. Inovasi ini adalah chatbot, kita berkomunikasi chating seperti bicara dengan manusia. Ini sebuah mesin atau robot. Robot zakat ini pertama di dunia,” ungkap Arifin.

Hal senada dikatakan Fuad Nashar selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, bahwa pihaknya mendukung secara penuh kerjasama Artdigi dan Baznas ini.

Menurutnya, saat ini finance technologi (fintech) sudah merambah ke layanan keuangan sosial, termasuk zakat, infak, dan sedekah. Zakat di Indonesia paling inovatif karena dipengaruhi ekosistem lintas kerjasama yang akhirnya memberi manfaat kepada umat.

“Saya mengutip perkataan Bapak Bangsa Muhammad Hatta pada Hari ke-9 Ramadhan bahwa tujuan kita mendirikan negara Indonesia untuk membuat semua orang hidup bahagia. Dan ada lagi amanat Beliau yang mengatakan Cita-cita yang diperjuangkan untuk negara ini adalah masyarakat yang adil dan makmur. Jadi kalau saya simpulkan bahwa untuk mencapai Indonesia yang adil dan makmur diperlukan ekonomi komersial yang berpijak pada ekonomi sosial untuk membawa kebaikan bagi semua masyarakat,” kata Fuad yang sangat mengagumi sosok mantan Wakil Presiden Muhammad Hatta.

Sementara itu, Ari Lastina selaku CEO Artdigi menjelaskan layanan ZAKI Baznas dapat diakses di aplikasi messenger LINE dengan nama @zakibaznas dan akan hadir di aplikasi chat Facebook Messenger.

“ZAKI Baznas tidak hanya memberi kemudahan transaksi zakat semata, tetapi masyarakat dapat  menghitung jumlah zakatnya secara akurat, literasi dan edukasi zakat serta informasi program-program sosial dan kemanusiaan dari Baznas. Di layanan ini juga akan hadir antara lain, map lokasi masjid terdekat, pengingat jadwal sholat hingga materi dakwah,” ungkap Ari.

Ia memaparkan, dengan teknologi Chatbot yang dilengkapi dengan Natural Language Process (NLP) memungkinkan ZAKI dapat bercakap-cakap dengan pengguna hingga menganalisa keinginan dari para pengguna.

“Melalui teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence, ZAKI Baznas dikembangkan untuk tanggap dalam merespon pengguna melakukan transaksi, mendapatkan informasi hingga berinteraksi,” tutur Ari. @Rudi