Komisi V DPR RI, Nyatakan Pemerintah Sudah Siap Jelang Arus Mudik Lebaran Tahun Ini

Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati, saat ditemui sejumlah jurnalis

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Sadarestuwati (Mbak Estu), menyatakan bahwa pemerintah saat ini sudah siap, untuk menghadapi arus mudik.

Hal ini diungkapkan anggota DPR RI asal Jombang tersebut, usai melakukan pemantauan disejumlah wilayah di Indonesia, mengenai persiapan pemerintah jelang arus mudik, lebaran tahun ini.

“Kesiapan arus mudik Alhamdulillah kami kemarin sudah melakukan kunjungan ke beberapa daerah yang berkaitan dengan persiapan arus mudik lebaran oleh pemerintah,” ujar Sadarestuwati saat ditemui sejumlah jurnali, Jumat (8/6/2018).

Kesiapan pemerintah ini dinilai Sadarestuwati, dari suport kesiapan sejumlah kementrian yang telah melakukan persiapan secara matang, sehingga arus mudik lebaran nanti dipastikan akan berjalan lancar, dan minim kemacetan.

“Dalam hal ini adalah kementrian PUPR, kementrian perhubungan, dan juga dari kemetrian yang lainnya, serta badan, lembaga yang lainnya yang memang menjadi supporting dari kegiatan tahunan, untuk mempersiapkan arus mudik lebaran ini. Alhamdulillah sampai kemarin semua sudah siap,” ungkap Sadarestuwati.

Lanjut Sadarestuwati, bahkan kesiapan pemerintah ini nampak dari sejumlah, pelabuhan, bandara udara, pengelola bandara, otoritas bandara termasuk dari Air Traffic Controller (ATC), yang sudah melakukan persiapan secara matang untuk menghadapi arus mudik lebaran.

“Alhamdulillah semua sudah kita lihat dan sudah dipersiapkan semuanya, di pelabuhan juga dipersiapkan ruang tunggu yang cukup nyaman untuk penumpang dan juga ada ruang tunggu anak-anak, meskipun sampai kemarin belum terjadi lonjakan arus penumpang,” paparnya.

Imbuh Mbak Estu, bahkan sejumlah jalur tol fungsional, pada hari ini juga mulai beroperasi untuk memecah arus kepadatan disejumlah titik pada musim mudik lebaran.

“Dan pada hari ini juga semua tol yang fungsional sudah dibuka pagi tadi, mulai jam 06.00 pagi, dan Alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar dan belum ada kemacetan dimanapun,” pungkas Mbak Estu.(elo)