Jalan Bergelombang, Truk Bermuatan Viner Terguling di Jalan Gatot Subroto Jombang

dievakuasi oleh petugas Kepolisian dari Satlantas Polres Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM :Kondisi jalan bergelombang, di sepanjang jalan Gatot Subroto, Jombang, membuat Truk bermuatan Viner dari Lumajang, menuju ke Nganjuk yang dikemudikan oleh Heri Kurnanto (60) asal Probolinggo, terguling. Truk dengan nomor polisi (Nopol) N 9918 US, mengalami kerusakan pada roda bagian belakang, saat hendak melakukan pengereman.

“Ya jalannya agak bergelombang, begitu terasa gak enak seperti supir itu kan langsung ngerem, begitu direm ndak kuat as nya. Ini muatan Viner dari Lumajang ke Nganjuk,” ujar sopir truk, Heri, saat ditemui sejumlah jurnalis, dilokasi kejadian, Selasa (10/7/2018).
Sementara itu, Bripka Fifin Siswahyudi, salah satu petugas dari Satlantas Polres Jombang, membenarkan bahwa ada peristiwa kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) di jalan Gatot Subroto, yang mengakibatkan kerugian materil, dan tidak ada korban jiwa dalam laka tunggal tersebut.

“Truk dari arah utara ke selatan, tiba-tiba laher roda belakang truk bagian kanan ambrol, sehingga ban nya yang satu sebelah kiri lepas, jadi terguling. Dan untuk korban jiwa tidak ada, hanya kerugian matriel,” kata Bripka Fifin.

Saat ditanya penyebab tergulingnya truk yang dikemudikan oleh Hri tersebut, Fifin menjelaskan bahwa penyebab utama dari laka tunggal tersebut, dikarenakan kondisi truk memang sudah tidak layak, dengan membawa muatan yang terlalu berat. Selain itu diduga, sopir tidak melakukan pengecekan kesiapan kendaraan, sebelum berangkat, dari Lumajang menuju Nganjuk.

“Penyebabnya karena kondisi kendaraan, kondisi muatan terlalu berat, dan kondisi bannya kurang dicek,” ungkap Fifin.

Masih menurut penjelasan Fifin, akibat tergulingnya truk di jalur Nasional tersebut, membuat sejumlah kendaraan yang melintas harus dialihkan menuju arah tengah kota. “Pengalihan arus dan segera didatangkan dereknya,” tukas Fifin.

Dari pantauan dillokasi, tergulingnya truk bermuatan viner tersebut, mengakibatkan kemacetan di jalur kota, sepanjang jalan Gus Dur hingga bundaran ringin contong. Kini sejumlah petugas dari Satlantas Polres Jombang, melakukan evakuasi truk tersebut dengan menggunakan Derek.(elo)