Band Reggae, Ciptakan Lagu Jombang Beriman

personil C.O.P saat siaran langsung di radio suara jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Terdapat bermacam cara dalam mengapresiasikan rasa cinta dan bangga terhadap suatu derah maupun tempat tinggal. Salah satu caranya adalah menceritakan suasana suatu daerah dalam bentuk lirik lagu.

Central Of Peace (COP), merupakan salah satu band beraliran reggae asal Kabupaten Jombang, yang mengungkapkan rasa cintanya terhadap tempat kelahiran band tersebut melalui lagu.

“Jombang Beriman”, salah satu lagu yang khusus diciptakan oleh C.O.P untuk daerah kelahiran Presiden RI Ke- KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Pada lirik lagu tersebut, dijelaskan bahwa Jombang Beriman merupakan suatu gambaran bahwa Kabupaten Jombang ini merupakan kota yang bersih, indah dan nyaman.

“Jombang Beriman. Bersih, indah dan nyaman. Bersih orangnya, indah alamnya, youman suasananya,” penggalan lirik lagu Jombang Beriman, yang diciptakan C.O.P pada tahun 2011 silam.

Seperti yang dijelaskan vokalis C.O.P, Sadam Husen (21) bahwa lagu Jombang Beriman membawa pesan yang harus diwujudkan bersama oleh masyarakat Jombang kedepan.

“Jombang Bersih, Indah dan Nyaman yaitu bersih orangnya, bersih dari korupsi dan bersih dari narkoba serta miras. Kemudian, Indah yaitu indah alamnya dengan adanya banyak pegunungan atau wisata – wisata alam yang indah di Jombang. Dan Nyaman, menggambarkan suatu keadaan di Jombang yang selalu terdengar suara lirih ngaji dari beberapa pondok pesantren yang ada di Kabupaten Jombang, serta keramahan masyarakatnya,” papar Sadam.

Selain itu, Vokalis C.O.P ini juga menjelaskan bahwa pada lirik lagi Jombang Beriman tersebut juga menyinggung soal suasana toleransi yang hidup di daerah yang memiliki julukan sebagai Kota Santri itu.

Dijelaskan Sadam, bahwa Kabupaten Jombang adalah kabupaten yang memiliki banyak pondok pesantren tetapi juga ada berbagai macam agama yang bisa hidup rukun di Jombang.

“Di bagian lirik ini, ‘berbagai warna ragam budaya, bersatu dalam kedamaian’. Ini menggambarkan bahwa Jombang memiliki beragam agama yang hidup damai saling berdampingan satu sama lain. Sungguh indah kota jombang ini,” beber Sadam menjelaskan maksud dari penggalan lirik Jombang Beriman, Sabtu (14/7).

Sadam juga menyampaikan, bahwa band yang memiliki 6 personil, yakni Saddam (vocal), Timbul (keyboard), Bembie (bass), Tony (drumer) dan Tomy (guitar) ini, khusus didedikasikan untuk kabupaten jombang dan ingin secara langsung menyerahkan lagu tersebut pada Bupati Jombang.

“Lagu Jombang Beriman ini, saya dedikasikan untuk Kabupaten Jombang. Sebagai bentuk apresiasi, saya berkeinginan menyerahkan lagu ini ke Bupati Jombang secara langsung, dan juga untuk dinikmati oleh masyarakat jombang,” pungkas Sadam.

Perlu diketahui, Central Of Peace (C.O.P) ini, merupakan band reggae asal Kabupaten Jombang yang sudah terbentuk sejak 10 November 2012 lalu. Saat ini, C.O.P sudah menciptakan 10 lagu yakni Jombang Beriman, Luka Kemarin, Tourjam, Coffee, Polisi, Pergilah, Perih, Ku Indahkan Kamu, dan Shiowpie let’s go.(elo)