Bupati Emil Dardak Kunjungi Kantor PWI Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM; Bupati Trenggalek , Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, melakukan kunjungan sekaligus silahturahmi ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Trenggalek, di jalan I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Trenggalek, Rabu (18/7/2018).

Kunjungan yang dilakukan merupakan kunjungan kemitraan mempererat jalinan silahturahmi dengan insan Pers dan dalam rangka menciptakan situasi aman dan lancar dalam proses pembangunan di Trenggalek.

Kunjungan Bupati Trenggalek, didampingi Kapolres Trenggalek, AKBP Didit BWS, Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto, Kepala BNNK Trenggalek, AKBP M Akik Subki dan Plt Sekda Trenggalek, Kusprigianto.

Setibanya di Kantor PWI Trenggalek, Bupati Trenggalek disambut Ketua PWI Hamzah Abdillah di dampingi pengurus lainnya, Agus Riyanto, Supingi, Suparni PB, Rudi Yuniriyanto, Wahyu Asmoro, Siswanto, Mukiyat Wibisono, Angga Pito, Eko Priyono, Ngudiyono, Ahmad Yulis, Choirul Anam, Wisnu, Ayu Mila, Novita Tata dan Ketua Panitia Silaturahmi PWI, Heru Wijaya.

Dalam suasana yang akrab, Bupati Emil Dardak yang sempat mengambil cuti untuk mengikuti kontestasi Pilkada Gubernur Jatim 2018 dan mampu terpilih sebagai calon Wagub Jatim 2019-2024 menyampaikan langkahnya mengikuti kontestasi di pilkada Jatim sehingga mewajibkan dirinya mengambil cuti.

“Kita memang lama tidak ketemu dengan teman PWI dan peran teman PWI luar biasa,” katanya.

Luar biasa yang dimaksud Bupati Emil Dardak, utamanya dalam tetap konsistennya PWI menjaga kode etik jurnalistik dalam menuliskan beritanya khususnya yang berbau politik di pilkada saat itu.

“ Maka itu dari tulisan teman-teman itu sangatlah membantu saya sehingga tatkala ada issu miring, kita langsung bisa menangkal pemberitaan itu dengan fakta yang benar-benar riil,” tuturnya.

Kondusifitas yang terbangun dari edukasi oleh pemberitaan media, ternyata telah diambil oleh kawan-kawan jurnasils di PWI Trenggalek sehingga proses pembangunan di wilayah ini dimana sempat diisukan terhambat ternyata tidak terbukti.

“Pemberitaan yang mengedukasi masyarakat tanpa mengurangi fakta riil telah dapat dibangun kawan PWI di sini,” tandasnya.

Emil Dardak juga mengomentari permasalahan pentingnya profesi wartawan yang tetap teruji dengan adanya kompetensi wartawan. Karena dengan kompetensi yang didukung dengan ditaatinya kode etik jurnalistik, diyakini mampu menyuguhkan pemberitaan yang konstruktif dan produktif,

“Wartawan selain kompeten juga harus tetap ikuti dan taati kaidah kode etik dalam penulisan dan praktek di lapangannya,” tegasnya.

Dijelaskan pula , dirinya berterimakasih dengan Kapolres dan Dandim serta Forkopimda yang lain , karena selama ditinggal cuti hingga kondisi Trenggalek tetap aman dan kondusif berikut lancarnya roda pembangunan di wilayah ini.

“Peran serta Pers atau media massa sangat besar pengaruhnya dalam menciptakan situasi kamtibmas, terlebih dalam pesta rakyat (Pilkada) kemarin dan ini karena peran Kapolres dan Dandim yang selalu menjaga komunikasi,” ungkapnya.

Ditambahkannya,  soal antisipasi paham radikalisme, terorisme yang terjadi di beberapa daerah. Untuk di Trenggalek di harapkan tidak terjadi aksi terorisme, saat ini pihak Polres Trenggalek lebih meningkatkan kewaspadaan serta penjagaan khususnya di internal Polres.

Kepada lapisan masyarakat agar lebih mengutamakan kewaspadaan serta meningkatkan rasa nasionalisme kebangsaan serta tingkatkan toleransi antar golongan agama dan jangan mudah terprovokasi dengan isu atau kabar yang disebar pihak tertentu.

Ketua PWI Trenggalek,Hamzah Abdillah menyampaikan terimakasih kepada Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak beserta rombongan telah berkunjung  di kantor PWI Trenggalek.

“PWI siap mendukung dan mensukseskan program kerja Bupati Trenggalek, serta akan selalu bersinergi dalam upaya menciptakan serta meningkatkan serta meningkatkan situasi Kamtibmas yang semakin kondusif bersama Polres dan Kodim,” kata Hamzah.(sup/ham)