Mensos Salurkan Santunan 2,19 Miliar

Menko Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), H Wiranto (kiri) didampingi Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham (tengah), mberika santunan ahli waris korban gempa secara simbolis kepada Bupati KLU, H Najmul Akhyar, Selasa (7/8/2018)( foto: Idham_kanalindonesia.com)

TANJUNG, KANALINDONESIA.COM: Kementrian Sosial (Mensos) pastikan santunan untuk ahli waris korban meninggal pasca gempa Minggu, (5/8/2018) lalu.

“Ini akan disalurkan kepada yang berhak,” ungkapnya, Selasa (7/8/2018).

Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham memaparkan, Besaranya Rp 15 juta untuk setiap ahli waris korban yang meninggal dunia. Ke depannya, bantuan ini juga akan diberikan kepada korban luka-luka.

Masing-masing mendapatkan Rp 2,5 juta. Ini semua merupaka arahan dari Bapak Presiden Jokowi Dodo. Agar dipastikan semua pihak yang mengalami bencana mendapatkan bantuan.

“Total disalurkan santunan untuk 96 ahli waris ini senilai Rp1.440.000.000 Milliar,” katanya.

Selain itu lanjut Idrus, sudah disiapkan juga 3000 paket  sembako senilai Rp 750.000.000. Sehingga total nilai bantuan adalah Rp 2.190.000.000 Miliar.

Menko Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), H Wiranto, dikesempatan itu juga, meminta langsung penjelasan dari Komandan Satgas Penanganan Bencana Kolonel (Czi) Ahmad Rizal Ramdhani.

Dari hasil laporannya, Wiranto mengetahui bahwa untuk pemulihan aliran listrik sudah disediakan 100 genset, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Untuk meningkatkan layanan kesehatannya, sejumlah satuan dari TNI dan Polri sudah menggelar rumah sakit lapangan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kapal rumah sakit juga akan merapat ke Lombok Utara sebagai rumah sakit terapung yang akan mendukung layanan kesehatan yang ada.

Lanjutnya, tidak kalah penting juga, satgas juga sudah menyelesaikan evakuasi sebanya 2000 wisatawan asing dari Gili Trawangan. Kemudian akan di antar ke tempat yang mereka (turis) anggap nyaman.

“Semua proses ini sudah selesai, semua wisatawan asing sudah dapat dievakuasi dengan selamat,” pungkasnya.

Tambahnya, Satgas juga  akan tetap terus melakukan evakuasi terhadap korban gempa. Termasuk upaya evakuasi korban reruntuhan di sebuah  masjid.(Idam)