Jelang HUT RI Ke-73 Polres Lamongan Kibarkan Bendera Raksasa

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Bendera raksasa dengan ukuran panjang 200 meter dan lebar 3 meter dikibarkan Polres Lamongan bersama 400 kapal nelayan di laut pantai utara Lamongan, Jum’at (10/8/2018). Pengibaran bendera raksasa tersebut sebagai bentuk penghormatan jasa para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Jelang peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tahun. Polres Lamongan Jawa Timur bersama Forkopimda Kabupaten Lamongan membaur bersama nelayan dan masyarakat di Desa Weru Kecamatan Paciran Lamongan. Mereka mengibarkan bendera raksasa dengan membentangkan di atas 400 perahu.

Sebelum dikibarkan di tepi pantai, bendera merah putih yang berukuran raksasa ini dirituali terlebih dahulu. Ritual dilakukan dengan cara memanjatkan do’a kepada sang pencipta agar pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih di tepi pantai Pantura berlangsung lancar dan sukses.

Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan pengibaran bendera Merah Putih raksasa di perairan pantai utara ini sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dengan penuh perjuangan.

Selain itu, pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa juga sekaligus mengingatkan kita kembali kepada masyarakat dan nelayan Pantai Utara dan membangkitkan kembali semangat nasionalisme masyarakat.

“Kita mengambil lokasi di laut (maritim), karena Kabupaten Lamongan terkenal sebagai salah satu wilayah yang penghasil ikan terbesar di Jawa Timur, ” kata AKBP Feby DP Hutagalung, Kapolres Lamongan.

Pengibaran bendera raksasa di pesisir Pantai Utara Lamongan mendapatkan respon masyarakat sekitar. Mereka juga larut dan mengikuti dengan hikmat sepanjang moment dalam upacara pengibaran bendera raksasa. Acara tersebut merupakan baru kali pertama dilakukan Pemerintah maupun Polres Lamongan dalam memperingati jelang hari Kemerdekaan Indonesia. (omdik/fer/bis)