Ribuan Santri dan Santriwati Ikuti Porseka Darul Amanah

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Wakil Gubernur Jateng terpilih, Taj Yasin, membuka Pekan Olahraga Seni dan Pramuka (Porseka) ke-25 dan Khutbatul Arsy ke-28 Ponpes Darul Amanah Sukorejo, Minggu (12/8).

Pembukaan pekan olahraga Seni dan Pramuka ditandai dengan penyalaan obor.

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin menyatakan, bangga dan gembira, karena terdapat salah satu ponpes di Jateng yang bisa menjadi contoh bagi ponpes yang lainnya.

Ponpes Darul Amanah, tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tetapi juga mengajarkan nilai cinta terhadap seni maupun tradisi dengan nilai keislaman.

‘’Kegiatan tersebut dapat dijadikan contoh bagi ponpes yang lainnya,’’ katanya.

Pihaknya mengapresiasi Ponpes Darul Amanah yang mengajak santri maupun santriwati, untuk ikut melestarikan budaya yang menjadi tradisi bangsa Indonesia.

‘’Saya berharap supaya ponpes yang ada di Jateng bisa mengkaji dan mempelajari yang ada di Ponpes Darul Amanah,’’ungkap Gus Yasin.

Pengasuh Ponpes Darul Amanah, KH Masud Abdul Qodir, mengatakan, selain mengajarkan ilmu agama, pihaknya juga mendidik santri dan satriwati dengan berbagai ketrampilan seperti seni, olahraga, dan pramuka.

“Santri dan santriwati di Pondok Darul Amanah ini selain ilmu agama juga diajarkan ketrampilan.”tuturnya.

Ketua panitia, Mufti Haris, menjelaskan, Kegiatan Porseka ke-25 dan Khutbatul Arsy ke-28 tersebut, diselenggarakan mulai 13 – 21 Agustus di Ponpes Darul Amanah.

Kegiatan itu diikuti 2.178 santri dan satriwati. Cabang seni yang dilombakan antara lain kaligrafi, karikatur, tilawatil quran, rebana, hingga paduan suara, olahraga mempertandingkan takraw, bulutangkis, tenis meja, voli, futsal, atletik, hingga basket, sedangkan cabang sains diantaranya biologi, matematika, geografi, fisika, cerdas cermat, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Arab.

‘’Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan tali persaudaraan sesama santri dan santriwati yang ada di Pondok Darul Amanah,’’ jelasnya. (eko)

Foto = penyerahan obor dari santri kepada Wakil Gubernur Taj Yasin (Gus Yasin)