KPU: Pemeriksaan Kesehatan Capres dan Cawapres Hanya Sekali

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Pemeriksaan kesehatan terhadap bakal capres-cawapres hanya dilakukan sekali. Pemeriksaan kesehatan hanya dilakukan di RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Hal ini disampaikan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, ketika menjawab pertanyaan wartawan terkait apakah ada rumah sakit pembanding bila pendukung salah satu bakal capres-cawapres tidak terima dengan hasil pemeriksaan dan ingin melakukan gugatan. Namun, menurutnya, bila diperlukan pendalaman terkait pemeriksaan kesehatan, pihak RSPAD dapat melakukannya lagi.

“Pemeriksaan hanya dilakukan satu kali, tetapi kalau memang perlu ada yang didalami pihak rumah sakit (RSPAD, red) akan melakukan pendalaman ” kata Ketua KPU Arief Budiman di RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta Pusat..

Arief mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan berupa rekomendasi kondisi kesehatan capres-cawapres jika nantinya terpilih. Namun, Arief mengatakan tes kesehatan ini bukanlah penentu lolos atau tidaknya capres dan cawapres.

“Pemeriksaan kesehatan ini hanya menjadi salah satu syarat di antara sekian syarat yang harus dipenuhi untuk ditetapkan sebagai pasangan capres-cawapres. Seluruh syarat harus terpenuhi secara kumulatif. Kalau dipenuhi semua baru ditetapkan,” jelas Arief.

Artikel ini telah dimuat di Detik.com dengan judul: KPU: Tes Kesehatan Capres-Cawapres Cuma Sekali, Tak Bisa Digugat