Baznas dan Telkomsel Berdayakan Pendidikan Mustahik

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Telkomsel area Jabodetabek, Banten dan Jabar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan donasi untuk pemberdayaan pendidikan bagi umat yang membutuhkan (mustahik) sebesar Rp 40 juta.

Dana ini kemudian oleh Baznas disalurkan ke beberapa lembaga pendidikan ke area tersebut, yang kali ini digunakan untuk rehabilitasi bangunan MTS Ruhul Islam di Menteng Wadas, Jakarta Selatan, dan SMK KBM Cisata Pandeglang, Banten.

Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Baznas, Fitriansyah Agus Setiawan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Telkomsel menyalurkan donasi kepada Baznas.

Menurutnya Baznas merupakan lembaga pemerintah non struktural yang bertugas mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) secara nasional. Oleh karena itu diperlukan peran serta masyarakat termasuk swasta dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

“Apa yang dilakukan Telkomsel ini patut menjadi teladan bagi perusahaan lainnya dalam mewujudkan cita-cita konstitusi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai salah satu kunci mengentaskan kemiskinan,” ujar Fitriansyah kepada Kanalindonesia.com di Loop Telkomsel Mahakam, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Ia menjelaskan, bantuan dari Telkomsel ini akan disalurkan di bidang pendidikan. Ini sesuai dengan permintaan Telkomsel sendiri yang mempunyai program membantu sekolah yang rusak.

“Pendidikan merupakan salah satu program utama kami dalam penyaluran bantuan. Kali ini sesuai dengan permintaan Telkomsel kami menyalurkan bantuan ke sekolah MTS Ruhul Islam di Jakarta dan SMK KBM Cisata, Pandeglang, Banten,” kata Fitriansyah.

Sementara itu, General Manager Youth & Community Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ricky E Panggabean, mengungkapkan bantuan yang diberikan melalui Baznas ini merupakan bagian dari  program #TapakiRamadhan dengan nilai donasi sebesar Rp 40 juta yang didapat dari penukaran Telkomsel POIN dan juga donasi menggunakan layanan digital money TCash oleh pelanggan.

Melalui program #TapakiRamadhan ini, kata Ricky, pihaknya mengajak kalangan anak sekolah, mahasiswa dan masyarakat untuk dapat bersedekah dengan mudah.

“Di program ini kami memanfaatkan layanan digital seperti Telkomsel POIN dan TCash sebagai saranan untuk bersedekah secara digital, yang saat ini mulai banyak dilakukan anak muda,” kata Ricky.

Ia menambahkan, donasi ini terkumpul dari bulan Mei-Juli 2018 pelanggan Telkomsel dapat bersedekah cukup dengan menukarkan 50 Telkomsel POIN saja yang setara dengan donasi senilai 5 ribu rupiah untuk di sumbangkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan donasi melalui TCash, dengan men-scan QRcode program #TapakiRamadhan2018 yang telah disediakan.

“Ke depan kami akan kembali menghadirkan program-program sejenis yang bermanfaat untuk membantu sekolah-sekolah lain yang membutuhkan. Kami berusaha meningkatkan ekosistem digital di kalangan anak muda dan pelajar dengan cara positif dan bermanfaat untuk yang lain, seperti program #TapakiRamadhan yang mengajak pelanggan bersedekah menggunakan Telkomsel POIN dan TCash,” tutur Ricky. @Rudi