Sukseskan Pembangunan Desa, Ribuan Warga Desa Sukosongo Kembangbahu Kompak Gelar Karnaval 

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Ribuan warga Desa Sukosongo, Kecamatan Kebangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengikuti karnaval yang diselenggarakan oleh desa setempat, Selasa (28/8/2018). Adanya Karnaval ini diharapkan bisa meningkatkan kebersamaan dan kerukunan warga untuk meningkatkan pembangun desa.

Karnaval budaya ini diselenggarakan dalam rangka untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Sekitar lebih dari 1.500 warga Desa Sukosongo dan penonton dari luar desa bisa ikut menyaksikan acara tersebut.

Rute jalan yang ditempuh sejauh 2 km, dimulai dari kantor Desa menuju Sukowati, songo, kedungkampil, sukolilo, djati, karangtengah dan berakhir kembali di kantor desa.

Kepala Desa (Kades) Sukosongo Akhmad zainal arifin mengatakan, karnaval ini merupakan bentuk penghormatan pemerintah Desa Sukosongo untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu diperingati seluruh element masyarakat Indonesia setiap 17 Agustus.

”Karnaval ini mengenang perjuangan pendahulu kita, juga untuk menggugah kesadaran masyarakat mengingatkan pentingnya budaya di desa,” kata Akhmad Zainal Arifin sosok pria yang gemar berpenampilan nyentrik dan rapih.

Sementara itu, dalam karnaval ditampilkan berbagai kesenian Jawa, diantaranya Kerajaan Nyiroro Kidul, beragam kostum perjuangan, pakaian adat hingga patung ogoh-ogoh raksasa. Potensi warga yang memiliki karya seni tinggi hingga semua kreativitas warga dari orang tua dan anak muda bisa tertampung semua dalam karnaval budaya.

Karnaval ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat di 18 RT, di 6 Dusun, mulai tokoh masyarakat, pemuda, Lembaga BPD, LPM, MI Mansyaul Ulum, MI Miftakhul Ulum, SDN Sukosongo dan Paud Darma Wanita.

“Dengan kegiatan ini, kami harapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme masyarkat, juga bisa meningkatkan kebersamaan dan kerukunan warga dalam sukseskan pembangunan desa,” jelas kades kepada awak media.

Karnaval budaya yang diselenggarakan Desa Sukosongo Kembangbahu berlangsung sangat meriah. Meski hanya tingkat desa, pengemasan karnaval yang matang banyak menarik perhatian masyarakat luar yang ikut berpartisipasi menyaksikan dengan penuh kegembiraan.

“Karnaval tingkat desa saja sudah terlihat semeriah ini, semoga kegiatan ini bisa dilestarikan terus setiap tahunya. Kalau bisa harus lebih meriah lagi agar dikenal hingga manca negara,” tambah Akhmad Zainal Arifin. (omdik/fer/bis)