Merevisi Perda, DPRD Pamekasan Akan Tekan Pertumbuhan Tempat Karaoke

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM_ Usaha Tempat Karaoke di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, hingga saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat kota pamekasan yang berjargon Kota Gerbang Salam. Pasalnya, jika hal itu dibiarkan tidak ada langkah penekanan pertumbuhannya, disenyalir akan membuat kota gerbang salam menjadi tidak kondusif.

Menyikapi persoalan itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten setempat akhirnya juga angkat bicara. Pihaknya berjanji, untuk menekan tumbuh suburnya tempat karaoke dengan cara memperketat proses perizinan.

“Saat ini kami tengah merevisi Peraturan Daerah (Perda) tentang tempat hiburan. Langkah itu kami lakukan, dengan tujuan untuk meminimalisir maraknya tempat hiburan di bumi Gerbang Salam,” kata Ismail, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Rabu (29/08).

Kendati demikian, Politisi Partai Demokrat ini mengakui bahwa pihaknya mendapati kendala tentang sistem Online Single Submission (OSS). dimana, pengelola tempat hiburan bisa mengajukan izin langsung kepada pemerintah pusat secara online. Akan tetapi, pihaknya berjanji akan terua berusaha semaksimal mungkin untuk menekan agar tempat karaoke tidak beroperasi di Pamekasan.

“Ini perlu diketahui oleh masyarakat tentang adanya kebijakan seperti itu, jika izin dari pemerintah pusat keluar, di daerah tidak bisa berbuat banyak,” ungkapnya.

Ismail menjelaskan, di Kabupaten Pamekasan saat ini sudah ada salah satu tempat karaoke yang memanfaatkan layanan tersebut. Sehingga izin operasinya langsung dari pemerintah pusat.(Nang/Ifa).